Efektivitas Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bagian-Bagian Tubuh pada Siswa Tunagrahita Ringan
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
Full Text: Language : id
Abstract
Artikel ini memuat tentang efektivitas media pop-up book untuk meningkatkan kemampuan mengenal bagian-bagian tubuh pada siswa tunagrahita ringan kelas I di SLB YAPPAT Lubuk Sikaping. Permasalahan yang ditemui yaitu seorang siswa tunagrahita ringan kelas I yang mengalami kesulitan dalam mengenal bagian-bagian tubuh, kesulitan yang dialami siswa diantaranya yaitu menunjukkan bagian-bagian tubuh, menyebutkan nama bagian-bagian tubuh serta mencocokkan gambar bagian-bagian tubuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis visual grafik. Berdasarkan hasil analisis dalam kondisi dan antar kondisi menyatakan bahwa kemampuan mengenal bagian-bagian tubuh siswa tunagrahita ringan meningkat secara positif setelah diberikan intervensi dengan menggunakan media pop-up book. Terbukti bahwa media pop-up book efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal bagian-bagian tubuh pada siswa tunagrahita ringan.
Keywords
References
Arsyad, A. (2016). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asyhar, R. (2011). Kreatif mengembangkan media pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Bluemel, N. L., & Taylor, R. H. (2012). Pop-up books: A guide for teachers and librarians. California: ABC-CLJO-LLC.
Dzuanda. (2011). Perancangan buku cerita anak pop-up tokoh-tokoh wayang berseri, seri ”gatotkaca”. Jurnal Library ITS Undergraduate.
Sunanto, J. (2005). Pengantar penelitian dengan subjek tunggal. Universitas Tsukuba: Crice.
Syaifuddin. (2009). Anatomi tubuh manusia untuk mahasiswa keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Wiyani, N. A. (2014). Buku ajar penanganan anak usia dini berkebutuhan khusus. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Article Metrics
Abstract Views : 2704 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 663 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.