Media Video Tutorial dalam Keterampilan Membuat Boneka dari Kaus Kaki Bagi Anak Tunagrahita

Restu Emidal Putri(1), Mega Iswari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan terdapat lima orang siswa tunagrahita yang mengalami permasalahan saat pembelajaran keterampilan. Siswa terlihat kurang berminat dikarenakan keterampilan yang diajarkan terlalu mudah untuk dilakukan oleh siswa dan siswa hanya menguasai macam-macam teknik jahit tangan yang belum pernah dicobakan untuk membuat suatu benda. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk mencobakan media video tutorial dalam keterampilan membuat boneka dari kaus kaki. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan jenis design one group pretest and posttest. Nilai dari pretest dan posttest  diolah serta dibandingkan dengan menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa media video tutorial efektif digunakan dalam keterampilan membuat boneka dari kaus kaki bagi anak tunagrahita kelas VII di SLB Perwari Padang.


Keywords


media video tutorial, boneka dari kaus kaki, anak tunagrahita

References


Amelia, F. (2015). Pengembangan Media Latihan Video Tutorial Teknik Dasar Tangkisan Berladiri untuk Anak Usia Dini (Kajian Teknik Taekwondo). Yogyakarta: UNY.

Baharuddin, I. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Jurnal Matematika, 2(2), 144–151.

Desrianti, D. I., Rahardja, U., & Mulyani, R. (2012). Audio Visual As One Of The Teaching Resources On Ilearning. CCIT Jurnal, 5(2), 124–144.

Haryeti, E., Sopandi, A. A., & Iswari, M. (2013). Meningkatkan Keterampilan Membuat Palai Rinuak Melalui Metode Latihan Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 2(3), 537–547.

Humaira, D., Fatmawati, & Zulmiyetri. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas III di SLB Sabiluna Pariaman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(3), 95–109.

Iswari, M. (2008). Kecakapan Hidup bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Kosasih, E. (2012). Cara Bijak Menangani Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Yrama Widya S.

Munir. (2012). Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Na’imah, T., & Dwiyanti, R. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Boneka dari Kaus Kaki untuk Pembelajaran Berkarakter di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pengapdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 8–13.

Nazir, M. (2009). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pramudito, A. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Standar Kompetensi Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Pengembangan Media Pembelajaran, 1–12.

Putri, R. K., Tarmansyah, & Fatmawati. (2013). Efektivitas Penggunaan Media Poster untuk Mengenalkan Pakaian Daerah Bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB Al Hidayah Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 2(3), 141–152.

Sadiman, A. S. (2011). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sari, D. M., & Siagian, S. (2013). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pangkas Rambut Lanjutan Berbasis Komputer Program Studi Tata Rias Rambut. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 1–15.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekata Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumekar, G. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Untasnia, P. (2011). Sock Dolls. Surabaya: Tiara Aksa.


Article Metrics

 Abstract Views : 1135 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 444 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.