Mind Mapping; Cara Efektif Bagi Anak Berkesulitan Belajar dalam Memahami Bacaan

Ajeng Nurul Imani(1), Elsa Efrina(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan bahwa metode mind mapping  meningkatkan kemampuan membaca pemahaman anak berkesulitan belajar. Subjek penelitian ini adalah anak laki-laki yang mengalami kesulitan belajar berumur 11 tahun yang bersekolah di SDN 01 Limau Manis Padang. metode penelitian ini menggunakan single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil dari penelitian ini bertujan untuk menunjukkan bahwa intervensi menggunakan metode mind mapping memberikan peningkatan terhadap kemampuan membaca pemahaman anak berkesulian belajar.  Hasil tersebut di buktikan  kecenderungan arahnya meningkat dan persentase overlape data yang sangat kecil.

Keywords


Mind mapping, membaca pemahaman, anak berkesulitan belajar

References


Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: PT Rineka

Cipta.

Bahareh dan Abbas. 2015. “The Effect of Mind Mapping Strategy on Comphension Implicit Information in EFL Reading Texts”. International Journal of Education Investigation.(Vol. 2 No. 3: 81-90) March 2015. Diperoleh dari: http://scolar.google.id/

Buzan. 2008. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia.

Maslakhatin. 2015. “The Effect of Mind Mapping and Pre-Questioning (PQ) of the Student’s Reading Comprehension”. International Journal of English Education .(Vol. 10 No. 1:) November 2015. Diperoleh dari: http://scolar.google.id/

Irdamurni, I. (2018). THE EFFECT OF MINGLE MODEL TO IMPROVE READING SKILLS FOR STUDENTS WITH DYSLEXIA IN PRIMARY SCHOOL. Journal of ICSAR, 2(2).

Ormrod, Jeanne Ellis. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang (Terjemahan Rikard Rahmat). Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.


Article Metrics

 Abstract Views : 1172 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 225 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.