Metode Tutorial Untuk Meningkatkan Life Skill Menghias Kue Berkarakter Bagi Anak Tunarungu Sedang

Sri Rima Arohmah(1), Jon Efendi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang ditemukan di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh pada kelas XI, dimana terdapat 2 orang anak tunarungu sedang yang mengalami permasalahan pada pembelajaran keterampilan life skil menghias kue berkarakter. pada saat pembelajaran anak kurang berpartisipasi dan aktif dalam proses pembelajaran, dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti tertarik menggunakan mtode tutorial untuk mengatasi permasalahan pembelajaran keterampilan life skill menghias kue berkarakter. Jenis metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode tutorial dapat meningkatkan keterampilan life skill menghias kue berkarakter di kelas XI  SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh


Keywords


metode tutorial, menghias kue berkarakter, anak tunarungu

References


Bilqis. (2012). Memahami Anak Tuna Wicara. Yogyakarta: Familia.

Farida, A. (2008). Pasiteri Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan, Dapartemen Pendidikan Nasional.

Irwansyah. (2013). Pengaruh Tutorial dalam Pembelajaran Bangunan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan, 1(1), 3–4.

Iswari, M. (2008). Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Marlina. (2009). Asesmen Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Ningsih, S. (2016). Keterampilan Tata Busana di Madrasah Aliyah. Yogyakarta: Deepublish.

Rahman, & Musdalifah. (2014). Memahami Prinsip Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Elementary, 2(1).

Setyosari P. (2015). Metode Peneliti Pendidikan dan Pengembangan. Malang: Kencana.


Article Metrics

 Abstract Views : 1018 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 626 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.