Snake And Ledder Game; Solusi untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Ekspresif Anak Autis
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
Full Text: Language : id
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan efektivitas permainan ular tangga terhadap peningkatan berbahasa ekspresif anak autis. Subjek penelitian adalah anak autis perempuan berumur 7 tahun yang bersekolah di SD Islam Kreatif Makkah Padang dan SLB Khansa kota Padang. Metode penelitian ini menggunakan single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil dari penelitian dilakukan menunjukkan bahwa intervensi menggunakan permainan ular tangga memberikan pengaruh terhadap kemampuan berbahasa ekspresif pada anak autis. Hasil tersebut dibuktikan dengan Persentase overlape dari perbandingan intervensi (B) : baseline (A1) dan intervensi (B): baseline (A2) sama-sama di peroleh hasil sebesar 0%. Dari persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan ular tangga efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif anak autis.
Keywords
References
Hodjati, M., & Khalilkhaneh, M. (2017). Assessing the Effectiveness of Holistic Multidimensional Treatment Model ( Hojjati Model ) on Receptive and Expressive Language Skills in Autistic Children. Int Journal Pediatrics, 5(41), 4877–4888. https://doi.org/10.22038/ijp.2017.8616
Irdamurni. (2018). Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. (N. J. & Megaiswari, Ed.). Kuningan: Goresan Pena.
Isnaini, W. (2014). Pengaruh permainan ular tangga terhadap peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak autis. Ortopedagogia, 1(3), 231–237.
Nugrahani, R. (2007). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 36(1), 36.
Sadjaah, E. (2005). Pendidikan Bahasa Bagi Anak Gangguan Pendengaran dalam Keluarga. Jakarta: Direktur Pembina Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal. Tsukuba: CRICED.
Article Metrics
Abstract Views : 820 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 322 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.