Meningkatkan Keterampilan Membuat Sandwich Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Bagi Anak Tunarungu

Nala Ratih(1), Yarmis Hasan(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini berawal dari masalah anak tunarungu dalam program amal Amal Bhakti Sicincin SLB. Ada dua orang di mana seorang siswa membahas masalah dalam proses pembuatan sandwich. Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan program STAD dalam membuat sandwich untuk anak-anak tuna rungu dalam program memasak kejuruan Bhakti Sicincin SLB Amal, serta bukti kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan produksi sandwich untuk anak-anak tunarungu pada pembelajaran kejuruan SLB Amal Bhakti Sicincin program. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan bersama dengan guru. Peneliti sebagai pelaksana dan instruktur sebagai pengamat. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan selama enam pertemuan. Data diperoleh dengan menggunakan, uji akta dan dianalisis menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembuatan sandwich dapat ditingkatkan dan menunjukkan hasil yang memuaskan.


Keywords


Sandwich, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Anak Tunarungu

References


Aliza, D. (2011). Sandwich Bagel & Donat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Almira, S., Martias, & Yarmis, H. (2013). Efektivitas Permainan Puzzle Tangkai Untuk Mengenalkan Bangun Datar Sederhana Bagi Anak Tunarungu Kelas II B, 2(September), 473–486.

Efendi, M. (2008). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kamilaturahmi, L., Yarmis, H., & Kasiyati. (2013). Efektifitas Penggunaan Metode Fonetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengucapan Konsonan / R/ Pada Anak Tunarungu Sedang Kelas I di SLB Center Payakumbuh, 2(September), 487–500.

Kirana, D. (2009). Speedy Sandwich. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Muharom, T. (2014). Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Peserta Didik Di SMK Negeri Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 1–11. https://doi.org/http://dx.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Shanty, M. (2012). Stategi Belajar Khusus Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Familia.

Slavin, R. (2005). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sumekar, G. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus Cara memahami Membantu Mereka Agar Berhasil Dalam Pendidikan Inklusif. Padang: UNP Press.


Article Metrics

 Abstract Views : 389 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 1065 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.