Media Stick Angka untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan 1 Sampai 5 bagi Anak Tunagrahita Ringan

Rizka Yunisa(1), Fatmawati Fatmawati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan anak tunagrahita ringan melalui media stick angka. Permasalahan yang terjadi di kelas II/C SLB Negeri 1 Kubung, kab. Solok, yaitu terdapat seorang anak tunagrahita ringan yang kesulitan dalam pemahaman konsep bilangan, hal ini dibuktikan dari hasil pengamatan bahwa anak sudah mengenal lambang bilangan namun belum mengetahui makna dari bilangan tersebut. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini dilakukan untuk membuktikan bahwa media stick angka dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan untuk anak tunagrahita ringan. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan eksperimen single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa media stick angka dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan bagi anak tunagrahita ringan di SLB Negeri 1 Kubung, kab. Solok.

Keywords


Media stick angka, konsep bilangan, tunagrahita ringan

References


Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Reafani, S. L., Fatmawati, & Irdamurni. (2018). Media Puzzle Kartu Angka Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan bagi Anak Diskalkulia. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, I, 13–18. https://doi.org/10.24036/jpkk.v1i1.

Somantri, S. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Rafika Aditama.

Sujiono, Y. N., Zainal, O. R., Tampiomas, E. L., Rosmala, R., Satriana, M., Rahayu, A. Y., & Syamsiatin, E. (2007). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sumekar, G. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus Cara Membantu Mereka Agar Berhasil Dalam Pendidikan Inklusif. Padang: UNP Press.

Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2006). Pengantar Penelitian dengan Subyek Tunggal. Bandung: UPI Press.

Yeni, M. F., Fatmawati, & Yunus, M. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1 Sampai 5 Melalui Media Power Point bagi Anak Down Syndrom ( Single Subject Research di Kelas D6 / C SLB Luki Padang ) Oleh : E-JUPEKhu, 2(September), 845–853.


Article Metrics

 Abstract Views : 922 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 434 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.