Korelasi Antara Motivasi Belajar dan Kemampuan Matematika Teknik dengan Hasil Belajar Dasar Listrik Elektronika (DLE) Siswa Jurusan Teknik Ketenagalistrikan SMKN Kota Padang

Wiwik Rahayu(1), Nizwardi Jalinus(2), Ridwan Ridwan(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v10i1.128957

Full Text:    Language : 

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dan kemampuan matematika teknik dengan hasil belajar DLE pada siswa jurusan Teknik Ketenagalistrikan SMKN Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metoda penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket dan test. Populasi pada penelitian ini siswa jurusan Teknik Ketenagalistrikan pada tiga SMKN Kota Padang ( SMKN 1 Padang, SMKN 5 Padang, dan SMKN 1 Sumatera Barat). Data penelitian ini dianalisis menggunakan Software SPSS versi 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara sendiri-sendiri terdapat korelasi positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar DLE 0,459 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan terdapat korelasi positif dan signifikan antara kemampuan matematika teknik dengan hasil belajar DLE sebesar 0,219 pada taraf signifikansi α = 0,05. Pada korelasi antara motivasi belajar dan kemampuan matematika teknik secara bersama-sama dengan hasil belajar DLE juga diperoleh korelasi yang positif dan juga signifikan sebesar 0,491 pada taraf signifikansi α = 0,05. Dari temuan penelitian ini terungkap bahwa variable motivasi belajar berkolerasi dengan hasil belajar DLE, kemudian variabel kemampuan matematika teknik juga berkorelasi dengan hasil belajar DLE. Secara bersama-sama variable variable motivasi belajar dan variabel kemampuan matematika teknik juga berkorelasi dengan hasil belajar DLE.  Hal ini menunjukkan bahwa baik secara terpisah maupun secara bersama-sama aspek motivasi dan aspek kemampuan matematika teknik siswa mempunyai kaitan dengan hasil belajar DLE siswa jurusan teknik ketenagalistrikan SMKN Kota Padang.


Keywords


motivasi belajar, matematika teknik, DLE

References


R. A. Hidayat, Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya. 2019.

S. Rahman, Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. 2021.

Nurkholis, “Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi,” 2013.

A. Emda, “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran,” 2017.

M. Zega, “Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Matriks Di SMK Negeri 2 Lotu.,” 2023.

D. Marlina, F. Sari, and Ismiati, “Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Dalam Jaringan ( Daring) Di Masa Pandemi Covid 19,” 2021.

Suprihatin, “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” 2015.

S. Maryam and A. H. Rosyidi, “Representasi Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Sioal Open-Ended Ditinjau Dari Kemampuan Matematika,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, vol. 1, no. 5, 2016.

S. Alifah, P. Penelitian, and E. Pendidikan, “Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain,” 2021.

A. To’at, Hidayah, and F. Fatichatul, Analisis Kemampuan Matematis Siswa terhadap Hasil Belajar Pada Materi Termokimia Kelas XI IPA 2 Di SMA Negeri 15 Semarang. 2018. [Online]. Available: http://jurnal.unimus.ac.id

Toipur, “Pentingnya Penilaian Kemampuan Matematika Yang berbasis Pada proses Pembelajaran,” 2017.

F. U. Aalan and E. A. Afriansyah, “Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Dan Problem Based Learning,” 2017.

Widodo and L. Widayanti, “Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013,” Jurnal Fisika Indonesia, no. 49, 2013.

A. H. Septiani, M. Bernard, and G. Kadarisma, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Logika Matematika Melalui Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas XI,” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, vol. 5, no. 3, 2022, doi: 10.22460/jpmi.v5i3.789-796.

E. Supriyadi, “Penyelenggaraan Penilaian Hasil belajar SMK Rujukan Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan Di Daerah Istimewa Yogyakarta,” 2019. [Online]. Available: http://journal.uny.ac.id/index.php/jee/


Article Metrics

 Abstract Views : 10 times
 PDF Downloaded : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.