Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dan kemampuan matematika teknik dengan hasil belajar DLE pada siswa jurusan Teknik Ketenagalistrikan SMKN Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metoda penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket dan test. Populasi pada penelitian ini siswa jurusan Teknik Ketenagalistrikan pada tiga SMKN Kota Padang ( SMKN 1 Padang, SMKN 5 Padang, dan SMKN 1 Sumatera Barat). Data penelitian ini dianalisis menggunakan Software SPSS versi 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara sendiri-sendiri terdapat korelasi positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar DLE 0,459 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan terdapat korelasi positif dan signifikan antara kemampuan matematika teknik dengan hasil belajar DLE sebesar 0,219 pada taraf signifikansi α = 0,05. Pada korelasi antara motivasi belajar dan kemampuan matematika teknik secara bersama-sama dengan hasil belajar DLE juga diperoleh korelasi yang positif dan juga signifikan sebesar 0,491 pada taraf signifikansi α = 0,05. Dari temuan penelitian ini terungkap bahwa variable motivasi belajar berkolerasi dengan hasil belajar DLE, kemudian variabel kemampuan matematika teknik juga berkorelasi dengan hasil belajar DLE. Secara bersama-sama variable variable motivasi belajar dan variabel kemampuan matematika teknik juga berkorelasi dengan hasil belajar DLE.  Hal ini menunjukkan bahwa baik secara terpisah maupun secara bersama-sama aspek motivasi dan aspek kemampuan matematika teknik siswa mempunyai kaitan dengan hasil belajar DLE siswa jurusan teknik ketenagalistrikan SMKN Kota Padang.


Keywords


motivasi belajar, matematika teknik, DLE