Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Rewinding Motor Listrik

Saputra Donni(1), Elfizon Elfizon(2), Usmeldi Usmeldi(3), Citra Dewi(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v10i1.128592

Full Text:    Language : INDONESIA

Abstract


Pada proses pembelajaran Rewinding Motor Listrik yang menggunakan model pembelajaran problem based learning didapatkan bahwa pencapaian hasil belajar siswa masih di bawah KKM. Terlihat pada siswa yang masih sulit untuk mendefinisikan (penyebab, akibat, dan solusi atas permasalahan pada motor listrik). Ditambah sumber belajar siswa yang kurang lengkap (buku paket), sarana (proyektor), dan prasarana (ruang belajar) di kelas yang kurang memadai. Akibatnya siswa tidak mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan pada proses pembelajaran dan berdampak pada rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Perlu adanya dilakukan penelitian untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran Rewinding Motor Listrik di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan jenis pre-eksperimental dengan tipe one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TITL 2 SMK Negeri 1 Bukittinggi pada tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 27 siswa. Untuk instrumen penelitian yang digunakan berupa tes objektif sebanyak 40 soal. Hasil dari pretest dan posttest dianalisis menggunakan pengujian hipotesis, effect size, dan ketuntasan belajar siswa. Hasil pengujian hipotesis didapatkan bahwa terdapat perbedaan hasil pretest dan posttest dengan model pembelajaran problem based learning. Hasil analisis effect size didapatkan bahwa model pembelajaran problem based learning berdampak besar terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis ketuntasan belajar siswa didapatkan bahwa sudah banyak siswa yang mencapai KKM dengan model pembelajaran problem based learning. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning efektif pada mata pelajaran Rewinding Motor Listrik di SMK Negeri 1 Bukittinggi.


Keywords


Efektivitas, Problem based learning (PBL), Rewinding motor listrik

References


S. B. Raharjo. Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. JPNK, vol. 16, no. 3, pp. 229-238, May 2010.

M. S. Sutikno. Metode & Model-Model Pembelajaran. Holistica Lomb., pp. 1–194, 2019.

M. . Syahdan lubis. Belajar dan Mengajar Sebagai Suatu Proses Pendidikan yang Berkemajuan. literasiologi, vol. 5, no. 2, Apr. 2021.

I. nyoman Bagia and I. M. Parsa. Motor-motor Listrik. CV. Rasi Terbit, vol. 1, no. 1, pp. 1–104, 2018.

B. Suryosubroto. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009.

O. Candra, E. Elfizon, S. Islami, and D. T. P. Yanto. Penerapan Multimedia Interaktif Power Point Pada Mata Diklat Dasar Dan Pengukuran Listrik. CIRCUIT J. Ilm. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 4, no. 2, p. 87, 2020, doi: 10.22373/crc.v4i2.6660.

Nurhasanah. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Edu Pustaka, 2019.

A. R. Ulya, I. Lubis, and S. Sukiman. Konsep Technological Pedagogical and Content Knowledge dan Analisis Kebutuhan dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Ideguru J. Karya Ilm. Guru, vol. 8, no. 2, 2023, doi: 10.51169/ideguru.v8i2.501.

Trianto. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.

M. Anadiroh. Studi Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning. Institutional Repos. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, pp. 21–22, 2019, [Online]. Available: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49580

M. Rusman. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo, 2011.

Arends. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Press, 2000.

Fathurrohman, M. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2015.

Paidi. Model Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Biologi di SMA, Artik. Semin. Nas., vol. 3, no. 1, 2010.

Sugiyono. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2014.

L. A. Becker. Effect Size Measure for Two Independent Groups. J. Eff. Size Beeker, no. 1993, p. 3, 2000.

B. Suryosubroto. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009.

N. I. N. Rizaldi and A. S. Putri. Apakah model pembelajaran problem based learning efektif diterapkan pada pendidikan kejuruan abad 21?. Integr. (Journal Inf. Technol. Vocat. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 1–18, 2021, doi: 10.17509/integrated.v3i1.32735.

I. K. Supriana, I. W. Suastra, I. W. Lasmawan, P. Studi, P. Dasar, and U. P. Ganesha. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha. J. Pendidik. Dasar Indones., vol. 7, no. 1, pp. 130–142, 2023.

I. Gunawan, R. Amalia, M. Syaban, and L. Nurhayati. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa (Studi Meta-Analisis). J. Pendidik Indones., vol. 3, no. 2, pp. 214–223, 2022, doi: 10.61291/jpi.v3i2.8.

A. Solehah, Syaharuddin, V. Mandailina, Mahsup, and Abdillah. Implementasi Problem Problem Based Learning Ditinjau Dari Jenjang Pendidikan Sebuah Meta-Analisis. Pros. Semin. Nas. Pendidik. Mat. V, vol. 5, no. Sandika V, 2023.

A. N. Hafifah and A. R. Purnomo. Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Daur Biogeokimia. Pensa E-Jurnal Pendidik, vol. 11, no. 3, pp. 278–282, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/download/53823/45291

N. M. Ninu, A. Habibie, and S. Fitri. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Produktif J. Ilm. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 411–418, 2022, doi: 10.35568/produktif.v5i1.1005.

D. T. P. Yanto, Sukardi, M. Kabatiah, H. Zaswita, and O. Candra. Analysis of Factors Affecting Vocational Students’ Intentions to Use a Virtual Laboratory Based on the Technology Acceptance Model. Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 17, no. 12, pp. 94–111, 2023, doi: 10.3991/ijim.v17i12.38627.


Article Metrics

 Abstract Views : 198 times
 PDF Downloaded : 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.