Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Rewinding Motor Listrik

Saputra Donni(1), Elfizon Elfizon(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v10i1.128592

Full Text:    Language : INDONESIA

Abstract


Pada proses pembelajaran Rewinding Motor Listrik yang menggunakan model pembelajaran problem based learning didapatkan bahwa, pencapaian hasil belajar siswa masih di bawah kriteria ketuntasan minimum sebesar 75. Dikarenakan, siswa masih sulit untuk mendefinisikan (penyebab, akibat, dan solusi atas permasalahan pada motor listrik). Ditambah sumber belajar siswa yang kurang lengkap (buku paket), sarana (proyektor), dan prasarana (ruang belajar) di kelas yang kurang memadai. Sehingga siswa tidak mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan pada proses pembelajaran, serta berdampak pada rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran Rewinding Motor Listrik di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan jenis pre-eksperimental dengan tipe one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TITL 2 SMK Negeri 1 Bukittinggi pada tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 27 siswa. Untuk instrumen penelitian yang digunakan berupa tes objektif sebanyak 40 soal. Hasil dari pretest dan posttest akan dianalisis menggunakan pengujian ketuntasan belajar siswa, effect size, dan uji t.  Hasil analisis menggunakan ketuntasan belajar siswa didapatkan nilai sebesar 88,9%. Kemudian, hasil analisis menggunakan effect size didapatkan nilai 1,6 dengan kategori besar. Serta hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t didapatkan bahwa, t hitung 4,9 lebih besar daripada t tabel 2,779 pada taraf signifikansi 1%, artinya model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa, terdapat efektivitas model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran Rewinding Motor Listrik di SMK Negeri 1 Bukittinggi


Keywords


Efektivitas, Problem based learning (PBL), Rewinding motor listrik

References


S. B. Raharjo, “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia”, JPNK, vol. 16, no. 3, pp. 229-238, May 2010.

M. S. Sutikno, “Metode & Model-Model Pembelajaran,” Holistica Lomb., pp. 1–194, 2019.

M. . Syahdan lubis, “Belajar dan Mengajar Sebagai Suatu Proses Pendidikan yang Berkemajuan”, literasiologi, vol. 5, no. 2, Apr. 2021.

I. nyoman Bagia and I. M. Parsa, “Motor-motor Listrik,” CV. Rasi Terbit, vol. 1, no. 1, pp. 1–104, 2018.

B. Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009.

O. Candra, E. Elfizon, S. Islami, and D. T. P. Yanto, “Penerapan Multimedia Interaktif Power Point Pada Mata Diklat Dasar Dan Pengukuran Listrik,” CIRCUIT J. Ilm. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 4, no. 2, p. 87, 2020, doi: 10.22373/crc.v4i2.6660.

Siti dkk. Nurhasanah, “Buku Strategi Pembelajaran lengkap.pdf.” p. 2, 2019.

A. R. Ulya, I. Lubis, and S. Sukiman, “Konsep Technological Pedagogical and Content Knowledge dan Analisis Kebutuhan dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran,” Ideguru J. Karya Ilm. Guru, vol. 8, no. 2, 2023, doi: 10.51169/ideguru.v8i2.501.

Trianto, “Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek,” Jakarta, Prestasi Pustaka, 2007.

M. Anadiroh, “Studi Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl),” Institutional Repos. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, pp. 21–22, 2019, [Online]. Available: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49580

M. Rusman, Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru, vol. 1. 2011.

S. R. Putra, “Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains,” Yogyakarta Diva Press, vol. I, no. 3, 2013.

M. FATHURROHMAN and SUTISTYORINI, “Belajar dan Pembelajaran Membantu Meningkatkan Mutu Pembelajaran sesuai Standar Nasiona,” Perpust. Nas. Katalog Dalam Terbit., 2012.

Paidi, “Model Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Biologi di SMA,” Artik. Semin. Nas., vol. 3, no. 1, 2010.

H. Effendi, Sukardi, and Yusnaini, “Model Problem Based Learning Sebagai Salah Satu Cara Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Memahami Dasar-Dasar Elektronika,” no. 1, 2018, [Online]. Available: https://doi.org/10.31227/osf.io/8ajr3

K. C. Sugiyono Guzman and W. Oktarina, Nina Paper, “BAB III METODE PENELITIAN Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2008),” Econ. Educ. Anal. J., vol. 7, no. 1, 2018.

S. Sukardi, D. Puyada, R. E. Wulansari, and D. T. P. Yanto, “The Validity of Interactive Instructional Media on Electrical Circuits at Vocational High School and Technology,” 2nd INCOTEPD, vol. 2017, no. October, pp. 21–22, 2017.

L. F. Masitoh and E. Prasetyawan, “The Effectiveness Of Scientific Approach With Open-Ended Problem Based Learning Worksheet Viewed From Learning Achievement, Creative Thinking Ability, Interest, And Mathematics Self-Efficacy,” Daya Mat. J. Inov. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 3, p. 292, 2020, doi: 10.26858/jds.v7i3.11874.

O. Candra, D. T. P. Yanto, and N. Imam, “Aplikasi Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Menggunakan Hasil Pengukuran,” Perspektif Pendidikan dan Keguruan, vol. XI, no. 2, pp. 17–22, 2020.

W. Vogt, “Effect Size (ES),” Dict. Stat. Methodol., no. 1993, 2015, doi: 10.4135/9781412983907.n624.

Arends, “Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar). (terjemahan Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto),” New York, NY McGraw-Hill Camp. Inc, 2008.

C. L. Barroso, Á. B. M. De Luna, and M. V. Abad, “Deploy problem based learning (PBL) and learning by doing in the Degree in Advertising and Public Relations for the acquisition of skills,” Ilu, vol. 18, 2013.

O. Candra and D. T. P. Yanto, “the Active Learning Strategy of Every Type Is a Teacher Here To Improve Student Learning Outcomes,” J. PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), vol. 4, no. 3, pp. 616–623, 2020, doi: 10.33578/pjr.v4i3.7991.

Imelda and D. Anazelina, “Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill,” J. Math. Educ. Sci., vol. 5, no. 1, pp. 11–19, 2019.


Article Metrics

 Abstract Views : 64 times
 PDF Downloaded : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.