Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Kejuruan

Netty Anggraini(1), Ambiyar Ambiyar(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v10i1.127517

Full Text:    Language : in

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengevaluasi ketercapaian program pendidikan karakter di SMKN 1 Enam Lingkung. Penelitian ini termasuk penelitian evaluasi pendekatan kualitatif dengan menggunakan model CIPP. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, ekail kurikulum, wakil kesiswaan, guru dan siswa, guru olahraga dan Pembina ekstrakulikuler. Hasil peneltiian menunjukkan bahwa program pendidikan karakter telah terlaksana dengan baik. Jika dilihat dari aspek  nilai evaluasi program pendidikan karakter dari aspek konteks berada pada kriteria baik, aspek input berada pada kriteria baik, aspek proses berada pada sangat baik dan aspek produk berada pada kriteria baik

Keywords


evaluasi program, CIPP, pendidikan karakter

References


M. A. Baba, H. Hadirman, and R. P. Reksamunandar, “Praktik Pembentukan Pendidikan Karakter Bangsa di Lembaga Pendidikan Islam (Studi di MIN 1 Minahasa),” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 11, no. 02, 2022, doi: 10.30868/ei.v11i02.2375.

N. Faujiah, S. Muwarni, and E. Driana, “Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Islam Daarus Shofwah Bojonggede-Bogor,” Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan (JPPP), vol. 3, no. 2, pp. 10–20, 2021.

A. Hermino, Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter. Bandung: Alfabeta, 2014.

A. Munawaroh, “Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter,” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, vol. 7, no. 2, pp. 142–156, 2019.

S. Sulistiani and Sukarman, “Membangun Karakter Berbasis Budaya Jawa Pada Era Revolusi Industri 4.0, Revolusi Society 5.0, Dan ‘Merdeka Belajar,’” in Prosiding Seminar Nasional LP3M, 2020, pp. 34–41.

I. Djuanda, “Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karakter Model CIPP (Context, Input, Process Dan Output),” Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, vol. 3, no. 1, pp. 37–53, 2020.

A. E. Winahya, “Evaluasi pembelajaran berbasis karakter di sekolah menengah kejuruan,” Teknologi dan Kejuruan, vol. 35, no. 2, pp. 155–162, 2012.

R. Mulya, A. Ambiyar, and W. Wakhinuddin, “Evaluasi Pembelajaran Online Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Sistem Operasi,” Edukasi: Jurnal Pendidikan, vol. 18, no. 1, 2020, doi: 10.31571/edukasi.v18i1.1653.

B. M, “Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter Di Smk Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng,” Universitas Negeri Makassar, no. 1, 2018.

Habib Akbar Nurhakim and Fahruddin, “Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Daring dengan Model CIPP,” Jurnal Evaluasi Pendidikan, vol. 13, no. 2, 2022, doi: 10.21009/jep.v13i2.27456.

S. Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

M. Sholeh and Ahmad, “Evaluasi Pembelajaran Dalam Konteks Fungsi, Tujuan Dan Manfaat Yang Dilakukan Oleh Pendidik (Telaah Evaluasi Pembelajaran dalam Mapel Pendidikan Agama Islam),” vol. 5, no. 2, 2019.

P. R. P. Jaya and F. Ndeot, “Mengevaluasi Program Layanan Paud Holistik Integratif,” Jurnal PAUD, vol. 1, no. 1, 2018.

Budi Yoga Bhakti, “Evaluasi Program Model CIPP Pada Proses,” Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah, vol. 1, no. 2, 2017.

M. Dike, J. Ilyasa, and A. Madjid, “Evaluasi Program Terapi Al- Qur ’ an M elalui Model Context , Input , Process , Product ( CIPP ),” INTIQAD: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, vol. 13, no. 1, pp. 135–154, 2021.

Nurhayani, Yaswinda, and M. A. Movitaria, “Model Evaluasi CIPP Dalam Mengevaluasi Program Pendidikan Karakter Sebagai Fungsi Pendidikan,” Jurnal Inovasi, vol. 2, no. 8, pp. 2353–2362, 2022.


Article Metrics

 Abstract Views : 221 times
 PDF Downloaded : 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.