Inovasi Video Pembelajaran Kompetensi Balancing Roda sebagai Media dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar
(1) Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang  Indonesia
(2) Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v9i2.124559
Full Text: Language : id
Abstract
Mesin balancing roda yang ada di pasaran terdiri dari banyak merk dan tipe. Prosedur penggunaannya berbeda untuk setiap mesin balancing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kompetensi balancing roda antara mahasiswa yang diajar menggunakan media video dengan mahasiswa yang diajar menggunakan media gambar; (2) perbedaan kompetensi balancing roda antara mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang menggunakan media video dengan yang menggunakan media gambar; (3) perbedaan kompetensi balancing roda antara mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang menggunakan media gambar dengan yang menggunakan media video; dan (4) interaksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kompetensi balancing roda. Penelitian ini merupakan penelitan quasi-experiment faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif angkatan 2021 Universitas Negeri Semarang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen pengumpulan data berupa tes unjuk kerja dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan kompetensi balancing roda yang signifikan antara mahasiswa yang diajar menggunakan media video dengan mahasiswa yang diajar menggunakan media gambar; (2) kompetensi balancing roda mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan menggunakan media video lebih tinggi dari yang menggunakan media gambar; (3) kompetensi balancing roda mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan menggunakan media gambar lebih tinggi dari yang menggunakan media video; dan (4) terdapat interaksi yang signifikan antara media video dan motivasi belajar terhadap kompetensi balancing roda. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media video memiliki potensi untuk meningkatkan kompetensi balancing roda dengan memperhatikan tingkat motivasi belajar dari mahasiswa.
Keywords
References
S. T. Z. Furqon and D. J. Pramono, Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan SMK/MAK Kelas XII. Program Keahlian Teknik Otomotif. Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (Edisi Revisi). Penerbit Andi, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=8d4oEAAAQBAJ
S. P. T. M. P. G. Saryanto, Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif untuk SMK/MAK Kelas X. Gramedia Widiasarana Indonesia, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=G28LEAAAQBAJ
M. Yaumi, Media dan Teknologi Pembelajaran Edisi Kedua. Prenada Media, 2021.
A. Huda, N. Azhar, Almasri, K. Anshari, and S. Hartanto, “Practicality and effectiveness test of graphic design learning media based on android,” International Journal of Interactive Mobile Technologies, vol. 14, no. 4, pp. 192–203, 2020, doi: 10.3991/IJIM.V14I04.12737.
E. Marpanaji, M. I. Mahali, and R. A. S. Putra, “Survey on How to Select and Develop Learning Media Conducted by Teacher Professional Education Participants,” in Journal of Physics: Conference Series, Institute of Physics Publishing, Dec. 2018. doi: 10.1088/1742-6596/1140/1/012014.
I. Nurhayati, M. Khumaedi, and H. Yudiono, “The Effectiveness of the Use of Video Media on Learning on the Competence of Scalp and Hair Care of Vocational High School Students of Beauty Department,” 66 JVCE, vol. 3, no. 1, pp. 66–72, 2018, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jvce
S. Pulukuri and B. Abrams, “Incorporating an Online Interactive Video Platform to Optimize Active Learning and Improve Student Accountability through Educational Videos,” J Chem Educ, vol. 97, no. 12, pp. 4505–4514, Dec. 2020, doi: 10.1021/acs.jchemed.0c00855.
B. Rahim, M. Giatman, N. Syah, and C. Andriani, “Validasi Video Praktikum Las SMAW Posisi 1 G pada Mata Kuliah Teknologi Pengelasan Logam,” JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), vol. 8, no. 2, p. 219, Jun. 2022, doi: 10.24036/jtev.v8i2.116905.
R. Mufidah and A. Mufidah, “Aplikasi Tik-Tok dan Instagram sebagai Salah Satu Alternatif dalam Media Pembelajaran IPA,” in PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 2021, pp. 60–69.
M. Yani, S. Syahril, R. Wahyu, Y. Putra, and A. T. Simatupang, “Indonesian Journal of Science and Mathematics Education SPARKOL LEARNING MEDIA: IS IT EFFECTIVE TO IMPROVE STUDENTS’ MATHEMATICAL UNDERSTANDING?,” 2020, doi: 10.24042/ijsme.v4i1.5240.
A. Delita, “UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 021 LADA USANG MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN,” JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), vol. 4, no. 2, Mar. 2020, doi: 10.33578/pjr.v4i2.7983.
M. P. Wayan Eka Paramartha, M. P. K. Dr. Kadek Suranata, and M. P. K. Prof. Dr. I Ketut Dharsana, Panduan Praktis Penggunaan Media dalam Bimbingan Konseling. Nilacakra, 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=HUiWEAAAQBAJ
N. Anis Ristyani, H. Husnussalam, and I. Siliwangi, “IMPROVING STUDENTS’ INTEREST BY USING PICTURE MEDIA AT TK NUR ASSALAM,” vol. 3, no. 1, 2020.
A. Wardhono and Y. Istiana, Prosiding Seminar Nasional 2018 Jilid 1: Memaksimalkan peran pendidik dalam membangun karakter anak usia dini sebagai wujud investasi bangsa. in Prosiding Seminar Nasional 2018. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, 2018. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=SzYDEAAAQBAJ
L. Velten and C. Lashley, “The meaning of cultural diversity among staff as it pertains to employee motivation,” Research in Hospitality Management, vol. 7, no. 2, pp. 105–113, Feb. 2018, doi: 10.1080/22243534.2017.1444718.
T. Khan, K. Johnston, and J. Ophoff, “The Impact of an Augmented Reality Application on Learning Motivation of Students,” Advances in Human-Computer Interaction, vol. 2019, 2019, doi: 10.1155/2019/7208494.
I. Al-Domi, “The Effect of Using Authentic Videos on Training Center and Community Service Students’Prosodic Competence and Motivation,” Arab World English Journal, vol. 8, no. 4, pp. 85–100, Dec. 2017, doi: 10.24093/awej/vol8no4.6.
M. Almaida Prameswari and S. Mariah, “Kontribusi penggunaan media video terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran boga dasar di Sekolah Menengah Kejuruan The contribution of the use of video media to students’ learning motivation in basic culinary subjects in Vocational High Schools,” 2020, doi: 10.30738/jtv.v9i1.9648.
M. Putri and P. Solfema, “The Relationship Between Variations in the Use of Learning Media and the Learning Activity of Citizens Learning,” Indonesian Journal of Contemporary Education, vol. 1, no. 1, pp. 36–40, 2019, doi: 10.33122/ijaelt.vxix.00.
N. Nurcahyono, A. Susanto, and S. Suyitno, “Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi pada Materi Sistem Pendingin untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKRO di SMK Institut Indonesia Kutoarjo,” Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, vol. 17, no. 1, pp. 62–68, 2022.
K. Sukiyasa and S. Sukoco, “Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif,” Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 3, no. 1, 2013.
J. W. Creswell and V. L. P. Clark, Designing and Conducting Mixed Methods Research. SAGE Publications, 2017. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=uRZjswEACAAJ
W. Hidayat, Metode Kuantitatif Mengukur Kepuasan Pengguna Web Kampus. Penerbit Lakeisha, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=Ha4eEAAAQBAJ
H. Usman and P. S. Akbar, Pengantar Statistika (Edisi Ketiga): Cara Mudah Memahami Statistika. Bumi Aksara, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=imf5DwAAQBAJ
D. Siagian, Metode statistika untuk bisnis dan ekonomi. Gramedia Pustaka Utama, 2000. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=saZED8D4mpsC
E. S. Siregar, Pembelajaran Inkuiri Berbasis Multimedia. umsu press, 2023. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=WXqpEAAAQBAJ
A. Jusmiana, H. Herianto, and R. Awalia, “Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar matematika siswa smp di era pandemi covid-19,” Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 5, no. 2, pp. 1–11, 2020.
M. M. A. T. R. A. W. D. J. S. S. Z. K. A. T. H. S. S. P. B. K. Herwati, MOTIVASI DALAM PENDIDIKAN Konsep – Teori – Aplikasi. CV Literasi Nusantara Abadi, 2023. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=gt28EAAAQBAJ
Article Metrics
Abstract Views : 224 timesPDF Downloaded : 69 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.