Desain Trainer Gerbang Logika Mata Kuliah Teknik Digital Sebagai Alat Peraga

Raihan Islamadina(1), Ario Wisata(2), Hari Anna Lastya(3),
(1) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry  Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry  Indonesia
(3) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v9i1.122838

Full Text:    Language : en

Abstract


Materi Gerbang Logika menjadi salah satu materi penting dalam mata kuliah Teknik Digital karena konsep ini digunakan dalam perancangan sistem digital dan merupakan fondasi dalam bidang Elektronika. Namun, banyak mahasiswa menghadapikesukaran dalam memahami materi ini karena bersifat abstrak. Untuk itu, media pembelajaran yang efektif diperlukan agar mahasiswa dapat memahami konsep dengan lebih efisien dan cepat yang berupa alat peraga trianer. Penelitian ini berupa rancang bangun alat peraga trainer Gerbang Logika berbasis mikrokontroler Arduino Nano Rev3 dengan metode Research and Development. Instrumen lembar validasi media dan materi untuk mengetahui kelayakan, serta lembar angket respon untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap trainer Gerbang Logika digynakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ahli media  dan ahli materi menganggap trainer Gerbang Logika sangat layak dengan persentase 96,9% dan 97,7%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga ini dapat memudahkan mahasiswa dalam memahami konsep Gerbang Logika. Sedangkan persentase respon mahasiswa mencapai 87,6%, yang menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga ini juga dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa terhadap materi Gerbang Logika. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan trainer Gerbang Logika dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi gerbang logika dan meningkatkan minat belajar dan juga dapat menjadi alternatif bagi dosen dalam mengajar.

Keywords


Trainer, Gerbang Logika, Alat Peraga, Teknik Digital

References


Hilna Putria, Lutfi Hamdani Maula and Din Azwar Uswatun, “Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu, Vol. 4, No. 4, 2020.

Mustofa Abi Hamid, et al., Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Muharmen Suari, “Pemanfatan Arduino nano dalam Perancangan Media Pembelajaran Fisika”. Natural Science Journal, Vol. 3, No. 1, Maret 2017.

Doni Tri Putra Yanto, “Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik”. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, Vol. 19, No. 1, September 2019.

Anil Kumar Maini, Digital Electronics: Principles, devices, and applications, West Sussex: Jhon Wiley & Sons Ltd, 2007.

Saptadi, Arief Hendra. “Emulasi Gerbang Logika Tunggal Multifungsi Menggunakan Mikropengendali Atmega 8A”. Media Elektrika, 10(2). 2017.

Alfi, Septian Surya. “Trainer Gerbang Logika Digital Berbasis Arduino Mega 2560”. JASEE: Journal of Application and Science on Electrical Engineering. 1(2). 2020.

Izza, Syarifatul dan Gillang Al Azhar. “Pengembangan Trainer Elektronika Digital Sebagai Media Pembelajaran Teknik Listrik Politeknik Unisma”. JTEV: Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional, 8(1). 2022.

Srinu, N., Kedhar, M., and Ajay, O. “Design of Low Power High-Speed CMOS 4-Bit ALU using Improved GDI Technique”, International Journal of Creative Research Thoughts (IJCRT), Vol. 6, No. 2, April 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet, 2013.

Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Pusat, 2011.

Kelik Purwanto and Aulia Rahmawati, “Pengembangan Handout Untuk Siswa Kelas V SD N 14 Koto Baru pada MateriBermain Drama”. Jurnal Tarbiyah, Vol. 24, No. 1, Januari-Juni 2017.

Helmi Fauzi Siregar dan Parinduri, Ikhsan. “Protoype Gerbang Logika (And, Or, Not, Nand, Nor) Pada Laboratorium Elektronika STMIK Royal Kisaran”. Jurnal Teknologi Informasi, 1(1). 2017.

Suari, Muharmen. “Pemanfatan Arduino nano dalam Perancangan Media Pembelajaran Fisika”. Natural Science Journal, 3(1). 2017.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta. 2013.

Iis Ernawati and Totok Sukardiyono, “Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server”. Elinvo (Electronics, Informatics, And Vocational Education), Vol. 2, No. 2, 2017.


Article Metrics

 Abstract Views : 679 times
 PDF Downloaded : 297 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.