Efektivitas Mobile Learning Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Hafiz Elmi(1), Dedy Irfan(2), Wakhinuddin Simatupang(3), Mukhlidi Muskhir(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v9i1.121670

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan dari penggunaan mobile learning Untuk Media Pendukung Pembelajaran Mandiri. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 6 Padang pada semester genap. Jumlah peserta didik sebanyak 42 orang. Untuk mengukur keefektifan mobile learning digunakan instrumen berupa tes hasil belajar (posttest) pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif mobile learning dilaksanakan dalam enam kali tatap muka dan satu kali pemberian tes akhir (post-test).. Berdasarkan data hasil belajar dari 28 orang siswa yang mengikuti tes setelah mereka menggunakan mobile learning memiliki rata-rata hasil belajar yaitu 78.84, ini termasuk kategori sangat efektif. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas mobile learning sebagai media pendukung pembelajaran mandiri dibuktikan dari hasil belajar siswa yang mengikuti tes sebelum menggunakan mobile learning dengan setelah menggunakan mobile learning menunjukan adanya peningkatan hasil belajar.

Keywords


mobile learning, android, basic programming, learning media, learning outcomes

References


M. Danuri, M. Informatika, J. Teknologi, and C. Semarang, “Perkembangan Dan Transformasi Teknologi Digital.”

R. Yustiani and R. Yunanto, “Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi,” Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, vol. 6, no. 2, pp. 43–48, Oct. 2017, doi: 10.34010/komputa.v6i2.2476.

M. Ngafifi, “Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya,” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, vol. 2, no. 1, Jun. 2014, doi: 10.21831/jppfa.v2i1.2616.

A. I. Nugraha, "Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Smartphone Dalam Aktivitas Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta," E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, vol. 7, no. 3, 2018

P. Wayan, A. Suyasa, D. Gede, and H. Divayana, “Pengembangan Buku Digital Mata Kuliah Asesmen Dan Evaluasi Berbasis Kvisoft Flipbook Maker,” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 15, no. 2, p. 222, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/view/851

A. Hidayat and E. R. Prasetya, “Penerapan Teknologi Dalam Analisis Perilaku Belajar Reflektif Berbasis Sistem Android Untuk Meningkatkan Pembelajaran E-Learning,” 2019.

R. A. Sambodo, B. A. Prayitno, P. Karyanto, and E. Sulistyowati, “Developing mobile learning as ecology practical tool using three-layer observation framework,” JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), vol. 4, no. 3, pp. 225–234, Nov. 2018, doi: 10.22219/jpbi.v4i3.6810.

T. N. Sari, A. I. N. Jayanti, R. Naini, and R. Wardani, “Batik Guide Mobile Application Based Software with Java 2 Micro Edition (J2ME),” Journal of Advances in Computer Networks, vol. 2, no. 4, pp. 306–310, 2014, doi: 10.7763/jacn.2014.v2.130.

H. Crompton, D. Burke, K. H. Gregory, and C. Gräbe, “The Use of Mobile Learning in Science: A Systematic Review,” J Sci Educ Technol, vol. 25, no. 2, pp. 149–160, Apr. 2016, doi: 10.1007/s10956-015-9597-x.

N. Mahsarah Rahadatul Aisy-Stevanus Budi Waluya-Zaenuri, N. Mahsarah Rahadatul Aisy, and S. Budi Waluya, “Literature Review: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berbantuan Aplikasi Android Literature Review: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berbantuan Aplikasi Android Bernuansa Etnomatematika,” 2021.

O. R. E. Pereira and J. J. P. C. Rodrigues, “Survey and analysis of current mobile learning applications and technologies,” ACM Comput Surv, vol. 46, no. 2, pp. 1–35, Nov. 2013, doi: 10.1145/2543581.2543594.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2012

M. I. Fathoni and E. Marpanaji, “Pengembangan e-book interaktif mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk SMK kelas X,” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, vol. 5, no. 1, pp. 70–81, Oct. 2018, doi: 10.21831/jitp.v5i1.17149.

R. P. Putra and H. Hendri, “Pengembangan Media Interaktif Microsoft Power Point Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik di SMKN 1 Guguak,” JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), vol. 6, no. 2, 2020.

P. Jerry Radita Ponza, I. Nyoman Jampel, and I. Komang Sudarma, “Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar,” 2018. [Online]. Available: www.powtoon.com

A. Waritsman Universitas Madako Tolitoli Korespondensi Penulis, “Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa,” 2020.

E. Solihin and S. Sukardi, “Pengaruh Penerapan Sistem Control Valve Cooler 1 Berbasis Microcontroller ATmega 2560 Terhadap Moisture Pakan After Mixing dengan Bagging Off di PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk. Unit Padang,” JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), vol. 6, no. 2, p. 80, May 2020, doi: 10.24036/jtev.v6i2.108549.

D. Julia and S. Hartati, “Pengaruh Metode Survey-Question-Read-Recited-Review (Sq3r) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Sub Materi Sistem Ekskresi Manusia,” Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, vol. 5, no. 1, p. 77, Aug. 2015, doi: 10.15575/bioeduin.v5i1.2460.

R. Rikizaputra and H. Sulastri, “Pengaruh E-Learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa,” Lectura : Jurnal Pendidikan, vol. 11, no. 1, pp. 106–118, Feb. 2020, doi: 10.31849/lectura.v11i1.3760.

Mulyasa, Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.

Abd. A. Ardiansyah and N. Nana, “Peran Mobile Learning sebagai Inovasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran di Sekolah,” Indonesian Journal Of Educational Research and Review, vol. 3, no. 1, p. 47, Apr. 2020, doi: 10.23887/ijerr.v3i1.24245.

P. Mariati, R. Asmarani, S. Sunanto, and A. Hardiningrum, “Inovasi Pembelajaran Seni Berbasis Mobile Learning bagi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 6, pp. 5783–5792, Nov. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1741.

M. Sarrab, “Mobile Learning (M-Learning) and Educational Environments,” International Journal of Distributed and Parallel systems, vol. 3, no. 4, pp. 31–38, Jul. 2012, doi: 10.5121/ijdps.2012.3404.


Article Metrics

 Abstract Views : 610 times
 PDF Downloaded : 217 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.