Hubungan Pengalaman Praktek Kerja Industri, Motivasi Belajar dan Capaian Hasil Belajar dengan Kesiapan Bekerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Sumarlan Sumarlan(1), Nurhasan Syah(2), Fahmi Rizal(3), Fadhilah Fadhilah(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v9i2.121134

Full Text:    Language : en

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1). Menganalisis bagaimana hubungan pengalaman praktek kerja industri, motivasi belajar dan capaian hasil belajar dengan kesiapan bekerja siswa kelas XII tahun pelajaran 2021-2022 di SMK Negeri 4 Pariaman. 2). Menganalisis variabel manakah yang lebih dominan antara pengalaman praktek kerja industri, motivasi belajar, dan capaian hasil belajar terhadap kesiapan bekerja siswa kelas XII tahun pelajaran 2021-2022 di SMK Negeri 4 Pariaman. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII sebanyak 60 orang siswa yang diambil secara random. Metode pengumpulan data primer menggunakan kuesioner dan untuk data skunder menggunakan nilai rapor siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda dengan bantuan aplikasi SPSS For Windows Release 21. Hasil analisis data menunjukan bahwa pengalaman praktek kerja industri, motivasi belajar, dan capaian hasil belajar memiliki berhubungan secara posistif dan signifikan dengan kesiapan kerja yang ditunjukan oleh nilai R Square sebesar 0.765 atau 76.5%. Pengalaman praktek kerja industri memiliki tingkat hubungan dengan kesiapan bekerja dengan nilai 0.838 dengan signifikansi 0.000 < 0.05 kategori sangat kuat. Motivasi belajar memiliki tingkat hubungan dengan kesiapan bekerja dengan nilai 0.804 dengan signifikansi 0.000 < 0.05 kategori sangat kuat. Capain hasil belajar memiliki tingkat hubungan dengan kesiapan bekerja dengan nilai 0.654 dengan signifikansi 0.000 < 0.05 kategori kuat. Berdarsarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa pengalaman praktek kerja industri, motivasi belajar, dan capaian hasil belajar memiliki berhubungan secara posistif dan signifikan dengan kesiapan bekerja siswa kelas XII tahun pelajaran 2021-2022 di SMK Negeri 4 Pariaman.

Article Metrics

 Abstract Views : 143 times
 PDF Downloaded : 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.