Pengembangan Modul Pembelajaran Teknik Pengelasan Tungsten Inner Gas (TIG) dengan Pendekatan Service Learning di Sekolah Menengah Kejuruan

Edison Edison(1), Nizwardi Jalinus(2), Ambiyar Ambiyar(3), Waskito Waskito(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v8i2.121132

Full Text:    Language : en

Abstract


Keterbatasan perangkat pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan siswa, sarana pembelajaran mandiri yang dapat digunakan siswa, serta rendahnya kompetensi siswa yang menyebabkan hasil belajar belum memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran teknik pengelasan Tungsten Inner Gas (TIG) dengan pendekatan service learning sesuai dengan kebutuhan pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yaitu:  (1) Analisis, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4) Penerapan dan (5) Evaluasi. Jenis data yang digunakan adalah data primer dimana data yang didapatkan langsung dari sumbernya, yaitu, guru, pakar dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan mendiskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pada media yang dikembangkan. Hasil penelitian pengembangan ini dinyatakan valid bedasarkan aspek kelayakan isi modul dengan rata-rata 0.857, kelayakan penyajian dengan rata-rata 0.863, aspek kelayakan bahasa dengan rata-rata 0.827, aspek model WBL dengan rata-rata 0.945, serta aspek service learning dengan rata-rata  0.833, Modul yang dikembangkan praktis dengan nilai kepraktisan dari respon siswa 90.81 dan respon guru 90,80 serta perhitungan gain score yang diperoleh 0.60 dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Modul Pembelajaran Teknik Pengelasan Tungsten Inner Gas (TIG) Dengan Pendekatan Service Learning valid, praktis dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai sebuah media pembelajaran teknik pengelasan.

Keywords


Modul Pembelajaran; Pengelasan TIG; Service Learning

References


N. Jalinus, Waskito, and Sudirman, “Kontribusi Bakat Mekanik dan Persepsi tentang Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Produktif Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Sawahlunto,” J. Pendidik. Teknol. Kejuru., vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2018.

A. Azwinur, S. A. Jalil, and A. Husna, “Pengaruh variasi arus pengelasan terhadap sifat mekanik pada proses pengelasan SMAW,” J. Polimesin, vol. 15, no. 2, pp. 36–41, 2017.

S. Sudiyono, A. D. N. I. Musyono, F. A. Budiman, and A. Septiyanto, “Pengembangan Jobsheet Elektronik Praktik Pengelasan GMAW (Gas Metal Arc Welding),” J. Pendidik. Tek. Mesin, vol. 8, no. 1, pp. 17–23, 2021.

R. C. Wijaya, Y. Yayat, and A. H. Sasmita, “Ketercapaian Kompetensi Las Tig Level 1G Pada Perkuliahan Teknik Pengelasan,” J. Mech. Eng. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 258–267, 2015.

K. Suwiarta, “Pengembangan Modul Praktikum Teknik Pengelasan GTAW dan GMAW Berbasis Proyek Pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo,” 2020.

S. Islami and Y. Indarta, “Effectiveness of Project-Based Learning Model on E-Learning Assisted Residential Installation Job Sheet,” in Proceedings of the 8th International Conference on Technical and Vocational Education and Training (ICTVET 2021), 2021, pp. 92–96.

S. Nur’alifah, “Using Job Sheet in Learning Ship Welding Techniques to Increase Learning Achievement of Class X Vocational School Students,” Sci. Educ. Appl. J., vol. 4, no. 1, pp. 61–71, 2022.

D. Pernanda, M. A. Zaus, R. E. Wulansari, and S. Islami, “Effectiveness of instructional media based on interactive cd learning on basic network at vocational high school : improving student cognitive ability,” in International Conferences on Education, Social Sciences and Technology, 2018, no. February, pp. 440–444, doi: 10.24036/XXXXX.

C. Y. H. Hasri, “Penggunaan Job Sheet sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 2 Banda Aceh Kelas XI Teknik Pengelasan Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan,” J. Serambi Akad., vol. 9, no. 2, pp. 218–230, 2021.

M. A. Zaus, R. E. Wulansari, S. Islami, and D. Pernanda, “Perancangan Media Pembelajaran Listrik Statis dan Dinamis Berbasis Android,” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 1, no. 1, 2018.

B. Sudarsono, “Pengembangan media pembelajaran pengelasan model shielded metal arc welding (SMAW) bagi siswa SMK,” J. Taman Vokasi, vol. 8, no. 2, pp. 17–24, 2020.

A. Yulastri, H. Hidayat, Ganefri, F. Edya, and S. Islami, “Learning Outcomes with the Application of Product based Entreprenurship Module in Vocational Higher Education,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 8, no. 2, pp. 120–131, 2018, [Online]. Available: http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv.

N. Pamungkas and S. Hadi, “Keadaan dan Pengelolaan Peralatan Praktik Siswa di Bengkel Pengelasan SMK 1 Sedayu Bantul Yogyakarta,” J. Pendidik. Vokasional Tek. Mesin, vol. 4, no. 2, pp. 85–90, 2016.

A. Yunianto and A. Rusmawan, Teknik Pengelasan Busur Manual SMK/MAK Kelas XI. Gramedia Widiasarana indonesia, 2021.

N. Mtawa, S. Fongwa, and M. Wilson-Strydom, “Enhancing graduate employability attributes and capabilities formation: a service-learning approach,” Teach. High. Educ., vol. 26, no. 5, pp. 679–695, 2021.

J. Grossman and N. Duchesneau, “Advancing Equity through Service Learning: Building on Strengths Students Have Gained after a Year of Turmoil. Solutions for Educational Equity through Social and Emotional Well-Being.,” MDRC, 2021.


Article Metrics

 Abstract Views : 259 times
 PDF Downloaded : 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.