Sistem Kontrol Hak Akses Lift dengan RFID Menggunakan Fuzzy Logic Berbasis Arduino ATMEGA 2560

Lilis Noviawati(1), Desmira Desmira(2), Didik Aribowo(3),
(1) Universitas Sultan Ageng Tritayasa  Indonesia
(2) Universitas Sultan Ageng Tritayasa  Indonesia
(3) Universitas Sultan Ageng Tritayasa  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v8i2.118146

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian tentang perancangan dan pengujian sistem lift berbasis Arduino menggunakan logic fuzzy dengan sistem kecerdasan, dan menggunakan RFID sebagai sistem identifikasi lantai. Cara kerja dari perancagan prototipe ini yaitu dengan tempelkan kartu akses kemudian sistem mengakses lantai sesuai kartu akses lift. Led hijau tombol nomor lantai yang terakses nyala display menampilkan keterangan lantai yang bisa di akses, dan Led biru tombol nomor lantai yang terakses nyala display yang menampilkan “AKSES DITERIMA” setelah itu Lift bergerak ke lantai yang dituju. Tujuan dari penelitian ini yaitu dengan merancang sistem kontrol hak akses lift dengan RFID (Radio Frequency Identification) menggunakan fuzzy logic berbasis arduino atmega 2560, sebagai salah satu sasaran pengembangan teknologi kendali. Metode Penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah dengan pengembangan metode waterfall. Teknik waterfall adalah cara untuk mengembangkan sistem informasi secara metode dan berurutan. Tahapan pendekatan waterfall adalah sebagai berikut langkah-langkah dari model pengembangan waterfall, dimulai dengan definisi kebutuhan (analisis kebutuhan, analisis karakteristik sistem elevator, kebutuhan perangkat keras dan kebutuhan perangkat lunak). Peneliti mencari informasi dan menganalisis tuntutan di lapangan pada level ini, Perancangan sistem dan perangkat lunak meliputi hal-hal berikut (desain perangkat keras, desain perangkat lunak, desain alat, desain mekanis). Peneliti membuat prototipe media perangkat keras dan perangkat lunak untuk sistem hak akses elevator pada langkah ini, hal-hal berikut termasuk dalam implementasi dan pengujian unit (tahapan menerjemahkan desain sistem ke dalam perangkat lunak) pada tahap ini peneliti membuat kode program untuk menjalankan alat dalam media prototipe tersebut, intergration and system testing meliputi (pengujian jarak pembacaan RFID-RC522, pengujian fungsi komponen, pengujian pengukuran waktu respon RFID, pengujian dilakukan dengan cara mendemonstrasikan alat sistem hak akses lift berbasis Arduino kepada pada penguji) setelah dinyatakan layak kemudian peneliti menerapkan kepada pengguna, operation and maintenance meliputi (uji coba sistem hak akses lift kepada pengguna) untuk mendapatkan tingkat kelayakan dari media prototipe yang dikembangkan.


Keywords


Lift, RFID, Fuzzy Logic, Arduino ATMEGA 2560

References


A. &. H. Ardiyansyah, “RANCANG BANGUN PROTOTIPE ELEVATORMENGGUNAKANMICROCONTROLLER ARDUINO ATMEGA 328P,” Teknologi elektro, 2013.

B. Saputro, “MANAJEMEN PENELITIANPENGEMBANGAN( RESEARCH & DEVELOPMENT ),” 28 Agustus 2017.

N. S. Sukmadinata, “Metode Penelitian Pendidikan,” 2017.

R. Staiger, “Waterfall. In Foundations of Real Estate Financial Modelling,” 2018.

J. Boxall, “Arduino workshop: A hands-on introduction with 65 projects.,” No Starch Press., 2013.

W. Budiharto, “Perancangan Sistem dan Aplikasi Mikrokontroler,” 2005.

S. D’Hont, “The Cutting Edge of RFID Technology and Applications for Manufacturing and Distribution,” 2005.

Sumiati, “PROTOTYPE ROBOT PEMADAM API MENGGUNAKAN FUZZY INFERENCE SYSTEMS BERBASIS MIKROKONTROLER AVR ATMEGA328,” vol. 5 no 2, 2017.

S. J. M. D. J. &. E. M. Sokop, “Trainer Periferal Antarmuka Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno,” 2016.

P. Tarigan, “Perancangan Alat Simulator Kontroler Lampu Rumah Berbasis Komputerisasi dengan Menggunakan Metode Fuzzy logic Control,” Jurnal Pelita Informatika Budi Darma, vol. 3, pp. 56-62, 2013.

A. R. Wardani, “Aplikasi Logika Fuzzy Dalam Mengoptimalkan Produksi Minyak Kelapa Sawit,” Jurnal Informatika Mulawarman, pp. 94-103, 2017.

Yudamson, “Rancang Bangun Model Lift Cerdas 3 Lantai Dengan Menggunakan PLC Omron Zen 20C1AR-A-V2.,” Jurnal Rekayasa Dan Teknologi Elektro, vol. 7 (3), pp. 1-9, 2013.

M. K. Yusida, “Implementasi Fuzzy Tsukamoto Dalam Penentuan Kesesuaian Lahan Untuk Tanaman Karet Dan Kelapa Sawit.,” Ktumpulan jurnal Ilmu Komputer (KLIK), pp. 233-246., 2017.

&. M. B. Zohrani, “Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Teori Belajar Jerome S. Bruner Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Unwanul Falah NW PAOK Lombok. Jurnal DIDIKA,” Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 1, 2017.

S. Kusumadewi, “ Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan,” Graha Ilmu, 2010.


Article Metrics

 Abstract Views : 378 times
 PDF Downloaded : 170 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.