Rancang Bangun Timbangan Digital Ramah Anak Berbasis Arduino di Posyandu Kota Cilegon

Saeful Islam(1), Irwanto Irwanto(2), Didik Aribowo(3),
(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa  Indonesia
(2) Universita Sultan Ageng Tirtayasa  Indonesia
(3) Universita Sultan Ageng Tirtayasa  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v8i2.117904

Full Text:    Language : ind

Abstract


Dalam proses pelaksaan kegiatan posyandu, ada tahapan penimbangan serta pengukuran tinggi badan balita. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan inti untuk mengetahui tumbuh kembang balita serta indikasi stunting. Dilapangan ditemukan penggunaan timbangan yang tidak maksimal serta keluhan dari orang tua balita ketika melakukan proses penimbangan, dimana penimbangan tersebut menggunakan timbangan manual jenis dacin yang digantung disembarang tempat. Dalam proses penimbangan tersebut menimbulkan rasa tidak nyaman, takut serta membuat balita enggan untuk melakukan proses penimbangan bila dimasukan kedalam ayun timbangan yang terbuat dari kain. Selain permasalah tersebut juga ditemukan bahwa kader posyandu mengalami kesulitan dalam proses kalibrasi dan pembacaan hasil sehingga menimbulkan pengukuran yang tidak akurat serta lelah karena balita menangis dan meronta ketika melakukan penimbangan. Oleh sebab itu dilakukan penelitian perancangan serta membuat produk timbangan yang disukai oleh balita, akurat serta mudah digunakan oleh para kader. Pada perancangan alat ini menggunakan sensor loadcell yang difungsikan untuk mengukur berat balita, arduino difungsikan untuk mengatur kontrol dari rangkaian serta coin acceptor yang digunakan sebagai pemeroses input analog berupa coin 1000 rupiah dan menggunakan LCD display digunakan untuk menampilkan hasil dari proses penimbangan. Timbangan ini dikemas dengan bentuk karakter angsa yang ditujukan untuk menarik minat serta membuat balita nyaman dalam proses penimbangan.


Keywords


Rancang Bangun, R&D, Waterfall, Timbangan Digital, Arduino UNO, Posyandu.

References


Darnawati, Jamiludin, Batia, L., Irawaty, & Salim. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8–16.

Pressman, R.S. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi.

Amin, F. N. 2015. Timbangan Berbasis Arduino Dengan Output LCD dan suara. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro. Universitas Negeri Semarang.

Abdul Muis Muslimin. Titin Lestari. 2021. Perancangan Alat Timbangan Digital Berbasis Arduino Leonardo Menggunakan Sensor Load Cell. Jurnal Natural. Prodi FMIPA UNIPA.

Yultrisna. Dkk. 2021. Rancang Bangun Timbangan Buah Digital Berbasis Mikrokontroler Dengan Koneksi Printer Thermal. Jurnal Teknologi Manufaktur. Politeknik Negeri Padang.

Dwi Sapta Aryantiningsih, 2014 Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Posyandu Lansia Di Kota Pekanbaru. Stikes Payung Negeri Pekanbaru Departemen Kesehatan Ri. Standar Pemantauan Pertumbuhan Balita. Depkes Ri. Jakarta. 2006.

Prakasa, A. P. 2019. Rancang Bangun Timbangan Digital Untuk Pencatatan Hasil Penjualan Berbasis Arduino Dan Bluetooth. Skripsi Tidak Diterbitkan. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro. Universitas Muria Kudus.

Dian Wirdasari. 2010. Membuat Program Dengan Menggunakan Bahasa C. Jurnal Saintikom.

Ginanjar Wiro Sasmito. 2017. Penerapatan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Pengembangan IT. Politeknik Harapan Bersama. Tegal Indonesia.

Girsang, V. R. (2018). RANCANG BANGUN APLIKASI SISTEM PERSEDIAAN httpswiduri.raharja.infoindex.phpSI1512489873.

Ahmad Nur. Muhammad Saleh Dann Aryanto Hartoyo. 2019. Perancangan Sistem Timbangan Digital Berbasis Arduino Mega 2560. Jurusan Teknik Elektro. Universitas Tanjungpura

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arif Tri. R. Elok Hardiyati. R Dan Muhammad Arrofiq. 2014. Pengembangan Timbangan Buah Digital Berbasis Mikrokontroler Atmega 16. Teknik Elektro Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada.

Destiarini. Pius Widya K. 2019. Robot Line Follower Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno Atmega 328p. Jurnal Informatika. Universitas Baturaja.

Priskila. 2017. Ranvang Bangun Timbangan Digital Dengan Kapasitas 20kg Berbasis Microcontroller Atmega 8535. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer. Unsrat. Manado.


Article Metrics

 Abstract Views : 1158 times
 PDF Downloaded : 440 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.