Pengembangan Media Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Berbasis Android Pada Program Keahlian Teknik Mekatronika di SMK Negeri 1 Kota Cilegon.

Yolandha Saviraningsih(1), Irwanto -(2), Didik Aribowo(3),
(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa  Indonesia
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa  Indonesia
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v8i2.117720

Full Text:    Language : id

Abstract


Dalam upaya mengefektifkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran, penggunaan media bantu diharapkan dapat mempengaruhi proses belajar mengajar. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat mengefektifkan dan memudahkan proses belajar mengajar di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis android yang digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 1 Kota Cilegon. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model pengembangan Waterfall yang terdiri dari empat tahapan yaitu (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengkodean, (4) Pengujian. Produk akhir yang dihasilkan dari penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis android yang menjadi objek utama penelitian. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini meliputi wawancara, observasi, kuisioner (angket). Adapun pengujian tingkat kelayakan media pembelajaran melibatkan 3 orang ahli media dan ahli materi, 5 orang siswa kelas X 1 Program Keahlian Teknik Mekatronika SMK Negeri 1 Kota Cilegon sebagai uji coba pengguna kelompok kecil, dan 36 orang siswa kelas X 2 Program Keahlian Teknik Mekatronika SMK Negeri 1 Kota Cilegon sebagai pengguna kelompok besar. Bedasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh skor kelayakan media pembelajaran berbasis android berdasarkan evaluasi ahli media sebesar 65,3 dengan kriteria Sangat Layak. Berdasarkan evaluasi ahli materi sebesar 70 dengan kriteria Sangat Layak. Berdasarkan penilaian terhadap uji coba pengguna kelompok kecil sebesar 91,3 dengan kriteria Sangat Layak. Dan penilaian terhadap uji coba pengguna kelompok besar sebesar 87,80 dengan kriteria Sangat Layak. Dengan hasil tersebut dapat diartikan bahwa  media pembelajaran berbasis andrioid Sangat layak digunakan untuk siswa belajar secara mandiri.


Keywords


Media pembelajaran, Android, Research and Development (R&D), Waterfall

References


M. Yusuf, Ilmu Pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo, 2018.

P. Sudira, Filosofi dan Teori Pendidikan Vokasi dan Kejuruan, vol. 53, no. 9. Yogyakarta: UNY Press, 2012.

H. & Suyono, Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2011.

M. Fathurrohman, Belajar dan Pembelajaran Modern: Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Garudhawaca, 2017.

m ismail dan aflahah Makki, Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran. Pamekasan: Duta Media, 2019.

M. andi Setiawan, Belajar Dan Pembelajaran, vol. 3, no. 2. Palangka Raya: Uwais Inspirasi Indonesia, 2017.

Yuberti, Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA), 2014.

H. H. Batubara, Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing, 2020.

cecep dan D. dermawan Kustandi, Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: KENCANA, 2020.

Akhiruddin, Sujarwo, H. Atmowardoyo, dan N. H, HaryantoAtmowardoyo Dr. NurhikmahH.S.Pd., M.Pd. Makassar: CV. Cahaya Bintang Cemerlang, 2019.

eva maulina Satyaputra, Alfa & aritonang, Beginning Android Programming with ADT Bundle. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2014.

D. W. dkk. Putra, “Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini,” J I M P - J. Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 1, no. 1, hal. 46–58, 2016.

Nurjamilah, gebri yuni Sini, dan adrian bagus Prasetra, “Rancang Bangun Aplikasi Hadist Bukhari Berbasis Android,” J. Artik., vol. 3, no. 2, hal. 9–16, 2020.

C. Tristanto, “Penggunaan Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Monitoring Dan Evaluasi Pembangunan Pedesaan,” J. Teknol. Inf., vol. 182, no. 23, hal. 321, 2018,

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2016.


Article Metrics

 Abstract Views : 432 times
 PDF Downloaded : 178 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.