Abstract
Dalam upaya mengefektifkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran, penggunaan media bantu diharapkan dapat mempengaruhi proses belajar mengajar. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat mengefektifkan dan memudahkan proses belajar mengajar di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis android yang digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 1 Kota Cilegon. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model pengembangan Waterfall yang terdiri dari empat tahapan yaitu (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengkodean, (4) Pengujian. Produk akhir yang dihasilkan dari penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis android yang menjadi objek utama penelitian. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini meliputi wawancara, observasi, kuisioner (angket). Adapun pengujian tingkat kelayakan media pembelajaran melibatkan 3 orang ahli media dan ahli materi, 5 orang siswa kelas X 1 Program Keahlian Teknik Mekatronika SMK Negeri 1 Kota Cilegon sebagai uji coba pengguna kelompok kecil, dan 36 orang siswa kelas X 2 Program Keahlian Teknik Mekatronika SMK Negeri 1 Kota Cilegon sebagai pengguna kelompok besar. Bedasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh skor kelayakan media pembelajaran berbasis android berdasarkan evaluasi ahli media sebesar 65,3 dengan kriteria Sangat Layak. Berdasarkan evaluasi ahli materi sebesar 70 dengan kriteria Sangat Layak. Berdasarkan penilaian terhadap uji coba pengguna kelompok kecil sebesar 91,3 dengan kriteria Sangat Layak. Dan penilaian terhadap uji coba pengguna kelompok besar sebesar 87,80 dengan kriteria Sangat Layak. Dengan hasil tersebut dapat diartikan bahwa media pembelajaran berbasis andrioid Sangat layak digunakan untuk siswa belajar secara mandiri.