Analisis Tingkat Kepuasan Dengan Metode EUCS Pada Mahasiswa Pengguna E-Learning STKIP PGRI Sumatera Barat

Rani Novializa(1), Faiza Rini(2), Irsyadunas Irsyadunas(3),
(1) Universitas PGRI Sumatera Barat  Indonesia
(2) Universitas PGRI Sumatera Barat  Indonesia
(3) Universitas PGRI Sumatera Barat  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v8i2.116699

Full Text:    Language : ind

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan mahasiswa pengguna E-Learning STKIP PGRI Sumatera Barat dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dengan lima variabel / indikator yaitu content (isi), accuracy (akurasi), format (bentuk), ease of use (kemudahan penggunaan), dan timeliness (ketepatan waktu). Selama masa pandemi volume penggunaan E-Learning STKIP PGRI Sumatera Barat meningkat, sering terjadinya kegagalan pada server dan masih banyak mahasiswa yang belum paham dengan semua fitur E-Learning STKIP PGRI Sumatera Barat sehingga perlu evaluasi terhadap sistem E-Learning untuk dapat meningkatkan kualitas layanan agar menjadi lebih baik lagi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan penelitian survei dengan menyebarkan kuesioner / angket kepada 98 responden yang merupakan mahasiswa aktif pada Universitas PGRI Sumatera Barat. Sampel di dapat menggunakan teknik accidental sampling. Kepuasan pengguna secara parsial dapat dikatakan positif apabila t-hitung lebih besar dari t-tabel (t-hitung>t-tabel), sedangkan kepuasan pengguna secara simultan dikatakan postitif apabila F-hitunglebih besar dari F-tabel (F-hitung>F-tabel).Pada hasil analisis regresi linear berganda, didapatlah hasil secara parsial kepuasan mahasiswa pengguna yang berpengaruh secara positif dan signifikan yaitu pada variabel format dan timeliness. Sedangkan hasil kepuasan mahasiswa pengguna berpengaruh positif dan signifikan secara simultan dalam penggunaan E-Learning STKIP PGRI Sumatera Barat.


Keywords


kepuasan pengguna akhir; EUCS; e-learning

References


M. Yaumi, Media dan Teknologi Pembelajaran, Edisi Kedua. Jakarta: Kencana, 2021.

L. Simanihuruk et al., Elearning : Implementasi, strategi dan Inovasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2019.

E. L. Nasution, Uraian Singkat Tentang E-Learning. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Y. Fitriani, “Analisa Pemanfaatan Learning Management System (LMS) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19,” J. Inf. Syst. Informatics Comput., vol. 4, no. 2, pp. 1–8, 2020.

M. Ben Ahmed, I. R. Karas, D. Santos, and O. Sergeyeva, Innovations in Smart Cities Applications Volume 4. Cham: Springer, 2021.

Yodi and Y. Adicita, Panduan Penggunaan LMS Moodle 3.10 Untuk Dosen. Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.

Irsyadunas and ICT STKIP PGRI Sumatera Barat, Panduan Penggunaan eLearning STKIP PGRI Sumatera Barat. Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat, 2018.

A. Justitia, R. Semiati, and N. R. Ayuvinda, “Customer Satisfaction Analysis of Online Taxi Mobile Apps,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 5, no. 1, pp. 85–92, 2019.

D. P. Rini, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Akhir Terhadap Layanan ‘Linkaja’ di Indonesia Melalui Pendekatan End User Computing Satisfaction (EUCS) dan Reputasi Perusahaan,” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 13, no. 3, pp. 189–207, 2019.

W. J. Doll and G. Torkzadeh, “The Measurement of End-User Computing Satisfaction,” MIS Q., vol. 12, no. 2, pp. 259–274, 1988.

W. A. Putera and I. M. Candiasa, “Analysis of e-learning user satisfaction itb stikom bali using end user computing satisfaction (eucs) method,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1810, pp. 1–8, 2021.

D. C. M. Pratama and K. D. Hartomo, “Implementasi End User Computing Satisfaction (EUCS) Dalam Pengukuran Kepausan Pengguna Situs Web Badan Pertahanan Nasional,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 4, pp. 2330–2340, 2021.

D. Novita and D. S. Ningsih, “Analisis Pengaruh Implementasi E-Learning Vilep di Poltekkes Kemenkes Palembang dengan Pendekatan EUCS,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 7, no. 1, pp. 29–41, 2020.

T. A. Prasetya, C. T. Harjanto, and A. Setiyawan, “Analysis of studen satisfaction of e-learning using the end-user computing satisfaction method during Covid-19 pandemic,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1700, pp. 1–6, 2020.

N. R. Setyoningrum, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kerja Praktek dan Skripsi (SKKP) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” J. Appl. Informatics Comput., vol. 4, no. 1, pp. 17–21, 2020.

L. S. Triandika, D. M. Rachmaningsih, and Ag. F. Wijaya, “Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs Elearning Universitas Terbuka dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” Sebatik, vol. 25, no. 2, pp. 598–603, 2021.

A. Cucus and G. Halim, “Testing User Satisfaction Using End-User Computing Satisfaction (EUCS) Method in Hospital Management Information System (SIMRS) (Case Study at the Regional Public Hospital dr. A. Dadi Tjokrodipo),” J. Inf. Eng. Appl., vol. 9, no. 5, pp. 54–62, 2019.

K. N. Rachmah, A. N. Haq, N. H. Assobarry, F. N. Sabila, and T. L. M. Suryanto, “Edmodo E-Learning Analysis using End-User Computing Satisfaction Method (Case Study : Senior High School 1 Sampang),” Int. J. Comput. Netw. Secur. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 1–6, 2021.

D. Meidatuzzahra, “Penerapan Accidental Sampling untuk Mengetahui Prevalensi Akseptor Kontrasepsi Suntikan terhadap Siklus Menstruasi (Studi Kasus: Puskesmas Jembatan Kembar Kabupaten Lombok Barat)",” Avesina, vol. 13, no. 1, pp. 19–23, 2019.

I. Saha and B. Paul, Essentials of Biostatistics & Research Methodology. West Bengal: Academic Publishers, 2020.

A. Basyit, B. Sutikno, and J. Dwiharto, “Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan,” J. EMA, vol. 5, no. 1, pp. 12–20, 2020.

Roswirman and Elazhari, “Pengaruh Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru pada Era New Normal di SMK Swasta PAB 2 Helvetia,” AFoSJ-LAS, vol. 1, no. 4, pp. 316–333, 2021.


Article Metrics

 Abstract Views : 748 times
 PDF Downloaded : 358 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.