Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan mahasiswa pengguna E-Learning STKIP PGRI Sumatera Barat dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dengan lima variabel / indikator yaitu content (isi), accuracy (akurasi), format (bentuk), ease of use (kemudahan penggunaan), dan timeliness (ketepatan waktu). Selama masa pandemi volume penggunaan E-Learning STKIP PGRI Sumatera Barat meningkat, sering terjadinya kegagalan pada server dan masih banyak mahasiswa yang belum paham dengan semua fitur E-Learning STKIP PGRI Sumatera Barat sehingga perlu evaluasi terhadap sistem E-Learning untuk dapat meningkatkan kualitas layanan agar menjadi lebih baik lagi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan penelitian survei dengan menyebarkan kuesioner / angket kepada 98 responden yang merupakan mahasiswa aktif pada Universitas PGRI Sumatera Barat. Sampel di dapat menggunakan teknik accidental sampling. Kepuasan pengguna secara parsial dapat dikatakan positif apabila t-hitung lebih besar dari t-tabel (t-hitung>t-tabel), sedangkan kepuasan pengguna secara simultan dikatakan postitif apabila F-hitunglebih besar dari F-tabel (F-hitung>F-tabel).Pada hasil analisis regresi linear berganda, didapatlah hasil secara parsial kepuasan mahasiswa pengguna yang berpengaruh secara positif dan signifikan yaitu pada variabel format dan timeliness. Sedangkan hasil kepuasan mahasiswa pengguna berpengaruh positif dan signifikan secara simultan dalam penggunaan E-Learning STKIP PGRI Sumatera Barat.


Keywords


kepuasan pengguna akhir; EUCS; e-learning