Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Sistem Peredaran Darah Manusia Berbasis Android Pada Sekolah Dasar

Army Trilidia Devega(1), Muhammad Giatman(2), Apriansyah Zulatama(3), Muhammad Ropianto(4),
(1) Universitas Ibnu Sina  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam  Indonesia
(4) Universitas Ibnu Sina  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v8i1.115638

Full Text:    Language : ind

Abstract


Pembelajaran yang dilakukan secara online membuat siswa kurang termotivasi untuk belajar IPA khususnya pada materi sistem peredaran darah. Dibuktikan melalui observasi, form angket, serta quiz yang telah mereka kerjakan dari 27 siswa 59% yang tuntas dan 41% yang tidak tuntas untuk mengerjakan quiz tersebut. Tujuan penelitian adalah menghasilkan aplikasi media pembelajaran android materi sistem peredaran darah serta meningkatkan motivasi belajar siswa. Dan untuk aktivitas fokus pada pengembangan model menggunakan UML (Unified Modeling Language) sebagai pemodelan sistem. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) serta model yang digunakan dalam proses pengembangan aplikasi media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan melalui 6 tahapan. Alasan penulis memilih Multimedia Development Life Cycle (MDLC) sebagai pengembangan dan pengujian nya memiliki proses yang detail dan berurut dalam penelitian yang membuat media pembelajaran interaktif. Hasil penelitian Hasil uji kelayakan media pembelajaran berdasarkan ahli materi masuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 4,56 dan persentase kualitas materi 92%. Berdasarkan ahli media masuk dalam kategori baik dengan rata-rata skor keseluruhan aspek 3,93 dengan persentase kualitas media 79%. Berdasarkan uji coba siswa/responden, media pembelajaran ini masuk dalam kategori baik dengan rata-rata skor 4,517 dengan persentase kualitas 92% sehingga aplikasi ini layak dipakai untuk mendukung proses pembelajaran siswa kelas V di SDS Ibnu Sina Lubuk Baja.


Keywords


Media Pembelajaran Interaktif, Android, Motivasi belajar, Pengembangan (R&D) Multimedia Development Life Cycle (MDLC).

References


Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak. Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh, IV, 27–48.

Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(2), 101.

Pratama, F., Firman, & Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286.

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Journal of Physics: Conference Series, 3(1), 171–187.

Kelana, J. B., Wulandari, M. A., & Wardani, D. S. (2021). PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM MEETING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA PEMBELAJARAN SAINS. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 17(1), 1–7

Novita, H. (2020). Plus Minus Penggunaan Aplikasi-Aplikasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika, 1–11.

Devega, A. T., & Suri, G. P. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk siswa SMK. Engineering And Technology International Journal, XIII(2), 8.

Widiantono, N., & Harjono, N. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 5SD. Jurnal Basicedu, 1, 199–213.

Gingga Prananda, & Hadiyanto. (2019). Korelasi antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 909–915.

Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare, 17(2), 90–97.

Budiarta, I. W., Margi, I. K., & Sudarma, I. K. (2016). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL ADDIE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X-1 SEMESTER GENAP DI SMAN 1 SUKASADA, BULELENG, BALI. 4(2).

Qosyim, A., & Priyonggo, F. V. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Flash Untuk Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas Viii. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 38.

Silvia, S., & Bukhori, I. (2021). Pengembangan Mobile Learning Menggunakan Adobe Animate CC untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Economics and Education Journal (Ecoducation), 3(1), 110–124.

Bora, M. A. (2017). Analisa Kepuasan Penggunaan E-Learning Cloud Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina Batam. JURNAL INDUSTRI KREATIF (JIK), 1(01), 55.

Widiastika, M. A., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47–64.

Fakhriyannur. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif teknik Animasi 2 Dimensi Berbasis Adobe Flash Untuk Siswa kelas XI Multimedia Di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. In Jurnal Pendidikan Teknik Elektronika (Vol. 05, Issue 02). Universitas Negeri Yogyakarta

Abdullah, F. S., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 434–443.

Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121.

Sugiarto, H. (2018). Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan Angka. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 3(1), 26–31.

Pramesti, D. Y., & Arifin, R. W. (2020). Metode Multimedia Development Life Cycle Pada Media Pembelajaran Pengenalan Perangkat Komputer Bagi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Students‘ Research in Computer Science, 1(2), 109–122.


Article Metrics

 Abstract Views : 3160 times
 PDF Downloaded : 1025 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.