Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Menegah Kejuruan melalui Pelatihan Otomasi Industri

Aswardi Aswardi(1), Doni Tri Putra Yanto(2), Taali Taali(3), Hendri Masdi(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v7i2.115246

Full Text:    Language : en

Abstract


Kompetensi profesional guru merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pelaksanaan proses pembelajaran. Oleh karena itu, harus selalu ditingkatkan agar dapat menciptakan proses pembelajaran yang baik bagi peserta didik. Penelitian ini membahas tentang peningkatan kompetensi profesional guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang Ketenagalistrikan melalui pelaksanaan program pelatihan keterampilan Programable Logic Control (PLC), program pelatihan dirancang dalam dua metode yaitu metode teori dan praktik. Subjek penelitian ini adalah 20 orang guru bidang ketenagalistrikan SMK Negeri 1 Pariaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kompetensi guru dalam bidang otomasi industri khusunya PLC setelah mengikuti kegiatan program pelatihan keterampilan PLC. Peningkatan ini diindikasikan dengan hasil Pascates peserta yang rata-rata mengalami peningkatan pada tingkatan yang tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa program pelatihan keterampilan PLC bagi guru SMK 1 Pariaman dapat meningkatkan kompetensi profesional guru dalam bidang otomasi industri sesuai dengan tuntutan perkembangan revolusi industri 4.0.

Article Metrics

 Abstract Views : 391 times
 PDF Downloaded : 154 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.