Rancang Bangun Video Pembelajaran Kapasitor Pada Mata Kuliah Listrik Dan Elektronika
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v8i2.114640
Full Text: Language : en
Abstract
Media video pembelajaran merupakan media yang bisa menyajikan suara dan gambar yang berisi pesan yang ingin disampaikan baik yang berisi prinsip, prosedur, konsep dan teori aplikasi pengetahuan agar membantu pemahaman terhadap sebuah materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan rancang bangun video pembelajaran kapasitor pada mata kuliah Listrik dan Elektronika. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari define, design, development, disseminate. Untuk pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket yang akan dinilai oleh ahli media/ materi dan mahasiswa. Hasil dalam penelitian ini memperoleh skor rata-rata dari penilaian dosen pertama adalah 3,03, dosen kedua dengan rata-rata 3,78, dan dari mahasiswa memperoleh rata-rata 3,58. Maka dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran kapasitor yang telah di buat pada mata kuliah listrik dan elektronika sudah valid digunakan sebagai media pembelajaran.
Keywords
References
Prasetyo, B., & Trisyanti, U. Revolusi industri 4.0 dan tantangan perubahan sosial. IPTEK Journal of Proceedings Series, (5), 22-27. 2018.
Artur & Daryanti. “Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual untuk mata pelajaran konstruksi bangunan.” Jurnal Pensil. (Vol. 6 No. 1). Hlm.7. 2017.
Apriliany, A. Penggunaan Media Audio Visual Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Covid-19. Researchgate. net//publication, 341230589. 2020.
Putri, A. H., & Bangunan, P. V. K. Media Pembelajaran pada Pembelajaran Jarak Jauh (Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).
Wingkel. 2004. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia. 2004.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2003.
Fuady, M. J. ‘Pengembangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Online Untuk Pendidikan Jarak Jauh’, TEKNO, 26, pp. 148–154. 2016.
Snelson, C. ‘Web-Based Video in Education : Possibilities and Pitfalls’, TCC, pp. 214–221. 2008.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2009.
Mulyantiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2012.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 2012.
Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :Sinar Baru Algensido Offset. 2004.
O. Candra, S. Islami, N. Faradina, C. Dewi, D. T. P. Yanto, and E. Astrid, “Peningkatan Kompetensi Masyarakat melalui Pelatihan Pemasangan Instalasi Listrik Domestik dan Panel Surya,” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, vol. 1, no. 1, pp. 134–137, 2020.
O. Candra, S. Islami, E. Astrid, and A. Septiono, “The Implementation of Guided Discovery Method in the Subject of Equipment Installation in Electrical Distribution System,” Int. J. Adv. Sci. Technol., vol. 29, no. 3, pp. 14439–14446, 2020.
D. Pernanda, M. A. Zaus, R. E. Wulansari, and S. Islami, “Effectiveness of instructional media based on interactive cd learning on basic network at vocational high school : improving student cognitive ability,” in International Conferences on Education, Social Sciences and Technology, 2018, no. February, pp. 440–444, doi: 10.24036/XXXXX.
Article Metrics
Abstract Views : 405 timesPDF Downloaded : 140 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.