Efektivitas Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Kuliah Tata Tulis Karya Ilmiah dan Seminar pada Pendidikan Vokasi

Bulkia Rahim(1), Ambiyar Ambiyar(2), Cici Andriani(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v8i1.114390

Full Text:    Language : ind

Abstract


Metode pembelajaran menjadi hal serius dalam pendidikan, pemilihan metode pembelajaran yang tidak sesuai memberikan efek  bagi peserta didik dalam penerimaan materi pembelajaran. Penelitian ini bermaksud untuk meninjau efektifitas modul pembelajaran model kooperatif tipe jigsaw pada mata kuliah tata tulis karya ilmiah dan seminar pada pendidikan vokasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan modul pembelajaran ini menggunakan model IDI (Instruksional Development Institute). Model IDI menetapkan prinsip-prinsip  pendekatan  sistem yang meliputi tiga tahap yaitu pendefinisian (define), pengembangan (develop) dan  evaluasi  (evaluate). Jumlah 67 mahasiswa. Uji coba instrumen dilakukan terhadap mahasiswa diluar sampel yang sebanyak 20 orang, tujuannya untuk menentukan validitas soal diperoleh dengan bantuan program SPSS versi 26 dengan taraf signifikan 5%. Untuk menentukan reliabilitas instrumen menggunakan aplikasi SPSS versi 26, yaitu dengan melihat nilai Cronbach’s Alpha yang diperoleh dengan nilai r sebesar 0.954 berdasarkan interprestasi nilai r maka soal tes mempunyai tingkat reabilitastes yang baik. Dari 67 responden diperoleh hasil pengujian rata-rata hasil belajar mahasiswa kelas kontrol yaitu 71,24 dibandingkan hasil kelas eksperimen didapat rata-rata yaitu 87,36. Dengan data tersebut modul Tata Tulis Karya Ilmiah dan Seminar Berbasis Kooperatif Tipe Jigsaw efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


Efektifitas, Modul, Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Pendidikan Vokasi.

References


Kopacek, P., Ceccharelli, M., Hajrizi, E., & Stapleton, L. Mechatronics education and international stability: the development of university-level education programmes in advanced engineering in kosovo. IFAC Proceedings Volumes, 39(23), 1-7. 2006.

Dewey, John. Experience And Education, terj. John De Santo. New York: Colliers Books, 1996.

Tim Quality Assurance. Panduan Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (SPM-PT). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2006.

Pratiwi, A. T. Faktor Penyebab Kesulitan Belajar pada Matakuliah Analisis Laporan Keuangan Mahasiswapendidikan Ekonomi Fkip Untan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(6). 2015.

Rosana, L. N. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(1), 34-44. 2014.

Sudjana, Nana. Penialaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya. 2010.

Winkel, W.S. Psikologi Pengajaran Yogyakarta: Media Abadi. 2009.

Indrawan, R, Yuniawati, P. (2014). Metode Penelitian. PT. Refita Aditama. 2014.

Aghni, R. I. Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98-107. 2018.

Al Azka, H. H., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. Pengembangan Modul Pembelajaran. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224-236. 2019.

Mulyasa. Kurikulum yang Disempurnakan Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. 2009.

Moore, Kennet D. Effective Instructional Strategies From Theory To Practise. London: Sage Publications. 2005.

Buhr, G. T., Heflin, M. T., White, H. K., & Pinheiro, S. O. Using the jigsaw cooperative learning method to teach medical students about long-term and postacute care. Journal of the American Medical Directors Association, 15(6), 429-434. 2014.

Hertiavi, M. D., Langlang, H., & Khanafiyah, S. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Jurnal pendidikan fisika Indonesia, 6(1). 2010.

Sulastri, Y., & Rochintaniawati, D. Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Biologi Di SMPN 2 Cimalaka. Jurnal pengajaran MIPA, 13(1), 15-22. 2009.

Carrol, D W. Use Of The Jigsaw Technique In Laboratory And Discussion Classes. Journal of Teaching and Psychology. 13: 208-210. 1986.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta. 2012.

Tortora, Gerard J., and Sandra R Grabowski. Nervous Tissue. In : Principles of Anatomy and Physiology. 10th edition. USA : John Wiley & Sons, Inc. p. 407, 408. 2003.

Suharsimi, A. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. 2013.

Ratnasari, D. Pengaruh Model Pembelajaran generatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. 2014.

Indrawan, R, Yuniawati, P. Metode Penelitian. PT. Refita Aditama. 2014.


Article Metrics

 Abstract Views : 264 times
 PDF Downloaded : 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.