Abstract


Metode pembelajaran menjadi hal serius dalam pendidikan, pemilihan metode pembelajaran yang tidak sesuai memberikan efek  bagi peserta didik dalam penerimaan materi pembelajaran. Penelitian ini bermaksud untuk meninjau efektifitas modul pembelajaran model kooperatif tipe jigsaw pada mata kuliah tata tulis karya ilmiah dan seminar pada pendidikan vokasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan modul pembelajaran ini menggunakan model IDI (Instruksional Development Institute). Model IDI menetapkan prinsip-prinsip  pendekatan  sistem yang meliputi tiga tahap yaitu pendefinisian (define), pengembangan (develop) dan  evaluasi  (evaluate). Jumlah 67 mahasiswa. Uji coba instrumen dilakukan terhadap mahasiswa diluar sampel yang sebanyak 20 orang, tujuannya untuk menentukan validitas soal diperoleh dengan bantuan program SPSS versi 26 dengan taraf signifikan 5%. Untuk menentukan reliabilitas instrumen menggunakan aplikasi SPSS versi 26, yaitu dengan melihat nilai Cronbach’s Alpha yang diperoleh dengan nilai r sebesar 0.954 berdasarkan interprestasi nilai r maka soal tes mempunyai tingkat reabilitastes yang baik. Dari 67 responden diperoleh hasil pengujian rata-rata hasil belajar mahasiswa kelas kontrol yaitu 71,24 dibandingkan hasil kelas eksperimen didapat rata-rata yaitu 87,36. Dengan data tersebut modul Tata Tulis Karya Ilmiah dan Seminar Berbasis Kooperatif Tipe Jigsaw efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


Efektifitas, Modul, Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Pendidikan Vokasi.