Pengembangan Modul Discovery Learning Berbasis STEM pada Mata Pelajaran Matematika

Seven Fri(1), Risfendra Risfendra(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v7i2.113633

Full Text:    Language : IND

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul Modul Discovery Learning  Berbasis  STEM  pada Mata Pelajaran Matematika yang valid. Aspek yang akan dilihat adalah untuk mengetahui validitas modul Modul Discovery Learning  Berbasis  STEM  pada Mata Pelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari validator dosen melalui angket pengujian validitas modul Modul Discovery Learning  Berbasis  STEM  pada Mata Pelajaran Matematika yang dikembangkan. Instrumen pengumpul data berbentuk angket. Teknik analisis data deskriptif untuk mendeskripsikan kevalid modul Modul Discovery Learning  Berbasis  STEM  pada Mata Pelajaran Matematika. Validitas modul Modul Discovery Learning  Berbasis  STEM  pada Mata Pelajaran Matematika dilihat dari Validitas materi dan Validitas media modul Modul Discovery Learning  Berbasis  STEM  pada Mata Pelajaran Matematika. Hasil perhitungan persentase dari ahli materi diperoleh hasil 95% dengan klasifikasi modul valid dan sangat layak untuk digunakan. Instrumen uji coba pada ahli media dengan persentase 92,5%  dengan klasifikasi modul valid dan sangat layak untuk digunakan. Hasil uji coba pengguna dilakukan oleh sebanyak 30 siswa kelas VIII SMP SIMA Padang pada semester ganjil. Hasil Uji coba pengguna dengan nilai presentase yang diperoleh adalah 93,83% . Berdasarkan kriteria tingkat kelayakan, maka modul berbasis STEM pada materi pola bilangan ini termasuk dalam kualifikasi valid dan layak digunakan sebagai modul pada mata pelajaran matematika kelas VIII SMP pada materi pola bilangan untuk siswa.

 

 


Keywords


Validasi, Modul, Discovery Learning, STEM, Matematika.

References


Ririn, Asmidir, & Marjohan. Hubungan Antara Keterampilan Komunikasi Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Terhadap Mahasiswa Jurusan Bimbingan Dan Konseling Angkatan 2011. Jurnal Ilimiah Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan. Padang : Universitas Negeri Padang. 2013.

Naila Milaturrahman, dkk, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa MTS Muhammadiyah 1 Natar Tahun Pelajaran 2015/2016”, Jurnal Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika, ISBN: 978-602-6122-20-9, November 2016, h. 786. 2016.

Erman Suherman dkk. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2003.

Witanta, V.A. Baiduri. Inganah, S. Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Perbandingan Kelas VII SMP. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 1-12. 2019.

M. Kristiawan A Model for Upgrading Teachers Competence on Operating Computer as Assistant of Instruction. Global Journal of Human-Social Science Research. 2014.

Gustiani, I., Widodo, A., & Suwarma, I. R. Development and Validation of Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Based Instructional Material. In Aip Conference Proceedings (Pp. 1–7). 2017.

Mochtar Rustam. 2011. Sinopsis obstentri Fisiologi dan Obstentri Patofisiologi. Edisi 3 Jilid I. Jakarta: EGC. 2016.

Winarni, J., Zubaidah, S., & H, S. K. STEM: apa, mengapa, dan bagaimana. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM (Vol. 1, pp. 976–984). 2016.

Fandy, Tjiptono. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi. 2016.

Setiawan, A. R., & Mufassaroh, A. Z. (2020, May 26). Lembar Kegiatan Siswa untuk Pembelajaran Jarak Jauh Berdasarkan Literasi Saintifik pada Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). 2020.

Andi Prastowo. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press. 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta. 2016.

A.G, Haryanto, Hartono Ruslijanto dan Datu Mulyono, Metode Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah Buku Ajar Untuk Mahsiawa, Penerbir Buku Kedokteran EGC, Jakarta, 2015.

Borg, R.W. & Gall, M.D. Educational Research: An Introduction. The Eight Edition. Sydney: Pearson Education, Inc. 2007.


Article Metrics

 Abstract Views : 479 times
 PDF Downloaded : 205 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.