Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul Modul Discovery Learning  Berbasis  STEM  pada Mata Pelajaran Matematika yang valid. Aspek yang akan dilihat adalah untuk mengetahui validitas modul Modul Discovery Learning  Berbasis  STEM  pada Mata Pelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari validator dosen melalui angket pengujian validitas modul Modul Discovery Learning  Berbasis  STEM  pada Mata Pelajaran Matematika yang dikembangkan. Instrumen pengumpul data berbentuk angket. Teknik analisis data deskriptif untuk mendeskripsikan kevalid modul Modul Discovery Learning  Berbasis  STEM  pada Mata Pelajaran Matematika. Validitas modul Modul Discovery Learning  Berbasis  STEM  pada Mata Pelajaran Matematika dilihat dari Validitas materi dan Validitas media modul Modul Discovery Learning  Berbasis  STEM  pada Mata Pelajaran Matematika. Hasil perhitungan persentase dari ahli materi diperoleh hasil 95% dengan klasifikasi modul valid dan sangat layak untuk digunakan. Instrumen uji coba pada ahli media dengan persentase 92,5%  dengan klasifikasi modul valid dan sangat layak untuk digunakan. Hasil uji coba pengguna dilakukan oleh sebanyak 30 siswa kelas VIII SMP SIMA Padang pada semester ganjil. Hasil Uji coba pengguna dengan nilai presentase yang diperoleh adalah 93,83% . Berdasarkan kriteria tingkat kelayakan, maka modul berbasis STEM pada materi pola bilangan ini termasuk dalam kualifikasi valid dan layak digunakan sebagai modul pada mata pelajaran matematika kelas VIII SMP pada materi pola bilangan untuk siswa.

 

 


Keywords


Validasi, Modul, Discovery Learning, STEM, Matematika.