Efektifitas Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Google Classroom Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik

Fandi Pratama(1), Sukardi Sukardi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v7i2.113484

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media google classroom pada pembelajaran daring ditinjau dari hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik kelas XII TITL 2 di SMK Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa pemberian materi 2 kali pertemuan dengan satu kompetensi dasar dan memberikan evaluasi. Setelah melakukan pembelajaran nantinya peserta didik akan diberikan soal posttest untuk mengetahui efektifnya pembelajaran tersebut dengan cara membandingkan hasil belajar dengan kkm disekolah. Hasil penelitian yang telah dilakukan ketika pembelajaran daring menggunakan aplikasi google classroom pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik di SMK Negeri 5 Padang mendapatkan hasil yang baik. Penelitian ini dilakukan pada kelas XII TITL 2 dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 orang dan diperoleh hasil belajar peserta didik dengan rata-rata nilai 87,33 dengan jumlah persentase yang tuntas 93,33% setelah melakukan pembelajaran daring menggunakan aplikasi google classroom, disimpulkan bahwa pembelajaran daring menggunakan aplikasi google classroom itu efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran daring.

Keywords


efektifitas pembelajaran, pembelajaran daring, aplikasi google classroom, instalasi tenaga listrik

References


Prawiradilaga, Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2013.

P. A. Efendi, Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: CV Sarnu Untung, 2020.

N. Sa’idah, H. D. Yulistianti, and E. Megawati, “Analisis Instrumen Tes Higher Order ThinkingMatematika SMP,” J. Pendidik. Mat, vol. 13, no. 1, pp. 41–54, 2018.

Tilaar, A. L, “Analisis Butir Soal Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika pada Sekolah Menengah Pertama,” vol 8, no 1, pp. 57-68, 2019.

Arikunto, Suharsimi, Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2012.

Purwanti, Muslikah, “Analisis Butir Soal Ujian Akhir Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Menggunakan Microsoft Office Excel 2010," Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, vol 12, no. 2. 2014.

R. Setiawaty, T. B. Sulistyorini, Margono, and L. . Rahmawati, “Validity Test and Reliability of Indonesian Language Multiple Choice in Final Term Examination,” KnE Soc. Sci, vol. 3, no. 9, pp. 43. 2018.

Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011

Warju, W., Ariyanto, S. R., Soeryanto, S., & Trisna, R. A, “Analisis Kualitas Butir Soal Tipe Hots pada Kompetensi Sistem Rem di Sekolah Menengah Kejuruan,” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, vol. 17 no. 1, pp. 95-104. 2020.

Mania, S., Fitriani, F., Majid, A.F., Ichiana, N.N. and Abrar, A.I.P, “Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah,” Journal of Islamic Education, vol. 2, no. 2, pp. 274-284. 2019.

A. M. Al-Osail et al, “Is Cronbach’s alpha sufficient for assessing the reliability of the OSCE for an internal medicine course?,” BMC Res. Notes, vol. 8, pp. 582, Oct. 2015.

I. Pistol, D. Trandabăț, and M. Răschip, “Medi-Test: Generating Tests from Medical Reference Texts,” Data, vol. 3, no. 4, pp. 70, Dec. 2018.

N. Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Wijaya, I.K.W.B. and Darmayanti, N.W.S, “Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Mapel SD Matematika I Tahun Akademik 2018/2019,” Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 4, no. 2, pp. 103-109. 2019.

G. D. U. Sidabutar, I. B. Putrayasa, and I. N. Martha, “Kualitas Butir Soal Ulangan Akhir Semester Ganjil Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2016 / 2017 Ditinjau Dari Segi Taraf Kesukaran, Daya Beda, Dan Fungsi Pengecoh,” e-Journal Jur. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones. Undiksha, vol. 7, no. 2, 2017.


Article Metrics

 Abstract Views : 342 times
 PDF Downloaded : 140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.