Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media google classroom pada pembelajaran daring ditinjau dari hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik kelas XII TITL 2 di SMK Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa pemberian materi 2 kali pertemuan dengan satu kompetensi dasar dan memberikan evaluasi. Setelah melakukan pembelajaran nantinya peserta didik akan diberikan soal posttest untuk mengetahui efektifnya pembelajaran tersebut dengan cara membandingkan hasil belajar dengan kkm disekolah. Hasil penelitian yang telah dilakukan ketika pembelajaran daring menggunakan aplikasi google classroom pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik di SMK Negeri 5 Padang mendapatkan hasil yang baik. Penelitian ini dilakukan pada kelas XII TITL 2 dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 orang dan diperoleh hasil belajar peserta didik dengan rata-rata nilai 87,33 dengan jumlah persentase yang tuntas 93,33% setelah melakukan pembelajaran daring menggunakan aplikasi google classroom, disimpulkan bahwa pembelajaran daring menggunakan aplikasi google classroom itu efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran daring.

Keywords


efektifitas pembelajaran, pembelajaran daring, aplikasi google classroom, instalasi tenaga listrik