Pengembangan Media Pembelajaran Instrumentasi dan Sinyal Sepeda Motor Berbasis Android
(1) SMK Negeri 1 Ujungbatu  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v7i2.113198
Full Text: Language : IND
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Pembelajaran Instrumentasi dan Sinyal Sepeda Motor Berbasis Android yang valid, praktis dan efektif. Aspek yang akan dilihat adalah untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektifitas Media Pembelajaran Instrumentasi dan Sinyal Sepeda Motor Berbasis Android. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan modul pembelajaran ini menggunakan model IDI (Instruksional Development Institute). Model IDI menetapkan prinsip-prinsip pendekatan sistem yang meliputi tiga tahap yaitu pendefinisian (define), pengembangan (develop) dan evaluasi (evaluate). Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari validator guru dan siswa melalui angket pengujian validitas, praktikalitas dan efektifitas. Media Pembelajaran Instrumentasi dan Sinyal Sepeda Motor Berbasis Android yang dikembangkan. Instrumen pengumpul data berbentuk angket. Teknik analisis data deskriptif untuk mendeskripsikan kevalidan, praktis dan efektif Media Pembelajaran Instrumentasi dan Sinyal Sepeda Motor Berbasis Android. Validitas Media Pembelajaran Instrumentasi dan Sinyal Sepeda Motor Berbasis Android dilihat dari Validitas Media, Validitas Materi, dan Validitas Bahasa Media. Validitas Media Android dengan nilai 0,78, Validitas Materi Android dengan nilai 0,76 dan Validitas Bahasa Android dengan nilai 0,75. Praktikalitas Media Pembelajaran Instrumentasi dan Sinyal Sepeda Motor Berbasis Android dilihat dari praktikalitas guru dan siswa. Praktikalitas guru dengan nilai 95,71%, Praktikalitas siswa dengan nilai 87,40%. Efektifitas Media Pembelajaran Sistim Instrumentasi dan Sinyal Sepeda Motor Berbasis Android dilihat dari pretest dan posttest belajar siswa yaitu pretest 38,01 dan posttest 91,24 dengan peningkatan hasil belajar sebesar 41,66%. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Instrumentasi dan Sinyal Sepeda Motor Berbasis Android dilihat dari ini valid, praktis dan efektif untuk dimanfaatkan Media Pembelajaran Instrumentasi dan Sinyal Sepeda Motor Berbasis Android.
References
Palupi, R. Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru dalam Mengelola Kegiatan Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di SMPN N 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.2, No.2, hal 157-170, 2014.
R. Saputra and Y. -, “Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikan FIK UNP Dalam Proses Pembelajaran Penjas”, Patriot, pp. 270-277, Sep. 2018.
S. Suparno and B. Rahim, “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Modul Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Teknik Pemesinan Dan Fabrikasi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang”, PAKAR, vol. 15, no. 2, pp. 84-92, Jul. 2017.
A. Mulyana, S. Hidayat, and S. Sholih, “Hubungan Antara Persepsi, Minat, dan Sikap Siswa dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn”, JPNK, vol. 19, no. 3, pp. 315-330, Sep. 2013.
L.J., S., J.B., T., & B.J., G. Growing up With a Cochlear implant: Education, Vocation, and Affiliation. Journal of Deaf Studies and Deaf Education. 17(4): 483–498. 2012.
Raharjo, S. B.. Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.456. Vol. 16 No. 3. 2010.
Hanafi, I., & Atif, N. F. Pendidikan teknik dan vokasional : menggali pengalaman sukses institusi Bi-National di negri jiran, dari konsep hingga implementasi. Refika Aditama. 2014.
Hidayat, A., Wiharna, O., & Sukrawan, Y. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Perawatan Kopling. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(2), 145–153. https://doi.org/10.17509/jmee.v3i2.4543. 2016.
Moch Misbahul Arifin Afif. (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Volume 05 Nomor 02 Tahun 2016, 437 – 443 Universitas Negeri Surabaya.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta. 2012.
Tortora, Gerard J., and Sandra R Grabowski. Nervous Tissue. In : Principles of Anatomy and Physiology. 10th edition. USA : John Wiley & Sons, Inc. p. 407, 408. 2003.
Article Metrics
Abstract Views : 401 timesPDF Downloaded : 183 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.