Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis TEFA pada Pembelajaran Pengelolaan Bengkel Sepeda Motor Siswa Kelas XII SMK Rokan Hulu

Trimo Nitiswito(1), Hasan Maksum(2),
(1) SMK Negeri 1 Kunto Darussalam  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v7i2.113193

Full Text:    Language : IND

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Pembelajaran Pengelolaan Bengkel Sepeda Motor Berbasis TEFA yang valid, praktis dan efektif. Aspek yang akan dilihat adalah untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektifitas Modul Pembelajaran Pengelolaan Bengkel Sepeda Motor Berbasis TEFA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan modul pembelajaran ini menggunakan model IDI (Instruksional Development Institute). Model IDI menetapkan prinsip-prinsip  pendekatan  sistem yang meliputi tiga tahap yaitu pendefinisian (define), pengembangan (develop) dan  evaluasi  (evaluate). Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari validator dosen,guru dan siswa melalui angket pengujian validitas, praktikalitas dan efektifitas  Modul Pembelajaran Pengelolaan Bengkel Sepeda Motor Berbasis TEFA yang dikembangkan. Instrumen pengumpul data berbentuk angket. Teknik analisis data deskriptif untuk mendeskripsikan kevalid, praktis dan efektif  Modul Pembelajaran Pengelolaan Bengkel Sepeda Motor Berbasis TEFA. Validitas Modul Pembelajaran Pengelolaan Bengkel Sepeda Motor Berbasis TEFA dilihat dari Validitas Format Modul, Validitas Materi Modul dan Validitas Penyajian Modul. Validitas Format Modul dengan nilai 0,94, Validitas Materi Modul dengan nilai  0,91 dan Validitas Penyajian Modul dengan nilai 0,925. Praktikalitas Modul Pembelajaran Pengelolaan Bengkel Sepeda Motor Berbasis TEFA dilihat dari praktikalitas guru dan siswa. Praktikalitas guru dengan nilai 96,25%, Praktikalitas siswa dengan nilai 85,17%. Efektifitas Modul Pembelajaran Pengelolaan Bengkel Sepeda Motor Berbasis TEFA dilihat dari pretest dan posttest belajar siswa yaitu pretest 54,42 dan posttest 85,00 dengan peningkatan hasil belajar sebesar 64,02%. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa Modul Pembelajaran Pengelolaan Bengkel Sepeda Motor Berbasis TEFA dilihat dari ini valid, praktis dan efektif  untuk dimanfaatkan sebagai modul pembelajaran pada Mata Pelajaran Bengkel Sepeda Motor.

 


References


Palupi, R. Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru dalam Mengelola Kegiatan Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di SMPN N 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.2, No.2, hal 157-170, 2014.

R. Saputra and Y. -, “Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikan FIK UNP Dalam Proses Pembelajaran Penjas”, Patriot, pp. 270-277, Sep. 2018.

S. Suparno and B. Rahim, “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Modul Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Teknik Pemesinan Dan Fabrikasi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang”, PAKAR, vol. 15, no. 2, pp. 84-92, Jul. 2017.

A. Mulyana, S. Hidayat, and S. Sholih, “Hubungan Antara Persepsi, Minat, dan Sikap Siswa dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn”, JPNK, vol. 19, no. 3, pp. 315-330, Sep. 2013.

L.J., S., J.B., T., & B.J., G. Growing up With a Cochlear implant: Education, Vocation, and Affiliation. Journal of Deaf Studies and Deaf Education. 17(4): 483–498. 2012.

Raharjo, S. B.. Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.456. Vol. 16 No. 3. 2010.

Hanafi, I., & Atif, N. F. Pendidikan teknik dan vokasional : menggali pengalaman sukses institusi Bi-National di negri jiran, dari konsep hingga implementasi. Refika Aditama. 2014.

Hidayat, A., Wiharna, O., & Sukrawan, Y. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Perawatan Kopling. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(2), 145–153. https://doi.org/10.17509/jmee.v3i2.4543. 2016.

Prosser, Charles A. 1950. Vocational Education : in a Democracy. Chicago, USA : American Technical SocietyAsikin.

M., Junaedi, I., & Cahyono, A. Pengembangan Model Pelatihan Innomatts untuk Meningkatkan Kompetensi Dan Karakter Guru Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes. https://doi.org/10.15294/jpp.v32i2.5713. 2015.

Rachmawati, T., & Daryanto. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. In Gava Media. 2015.


Article Metrics

 Abstract Views : 908 times
 PDF Downloaded : 270 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.