Trainer PLC Omron CP1E Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sistem Pengendali Elektronik di SMKN 4 Kota Serang
(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa  Indonesia
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa  Indonesia
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v7i2.112663
Full Text: Language : en
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan media pembelajaran Trainer PLC OMRON dan software CX-Programmer pada mata pelajaran SistemPengendali Elektronik kelas XII Jurusan Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 4 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dalam bidang pendidikan, bertujuan mengetahui unjuk kerja, tingkat kelayakan Trainer PLC OMRON dan software CX-Programmer sebagai media pembelajaran. Hasil dari penelitian ini berupa media pembelajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran dan praktikum materi PLC. Hasil dari Tingkat kelayakan media trainer mendapatkan skor 54,6 dengan nilai SBX = 42 maka rentan skor kategori yang didapat adalah “Sangat Layak”, dan tingkat kelayakan materi mendapatkan skor 70,3 dengan nilai SBx = 54 maka rentan skor yang didapat adalah “Sangat Layak”. Tingkat efektivitas media trainer mendapatkan hasil yang sangat signifikan. Hasil penilaian rata-rata siswa pada saat sebelum melakukan pembelajaran dengan trainer dan jobsheet mendapatkan hasil 42,78 dan hasil setelah menggunakan trainer dan jobsheet 80,08, dan diperoleh skor 0,65 pada uji n-gain sebagai tingkat efektivitas trainer di SMKN 4 Kota Serang.
Keywords
References
Wardana, H. R., & Maryadi, T. H. T. Pengembangan Media Pembelajaran Simulator Lift Berbasis PLC OMRON pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. PRODI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO: E-Journal, 61-67. 2016.
Setiawan, I. Programmable Logic Controller (PLC) dan teknik perancangan sistem control. C.V Andi Offset. Yogyakarta. 2006.
Adiarta, A. Dasar-Dasar Instalasi Listrik. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta. 2017.
Daryanto. Media Pembelajaran. Gava Media. Yogyakarta. 2010.
Hastuti, Effendi, H., & Hijriani, S. “Penerapan trainer PLC Omron Sebagai Media Pembelajaran Mata Diklat Instalasi Motor Listrik. Teknik Elektro Universitas Negeri Padang”. Jurnal Inovasi, Vokasional dan Teknologi, 49- 56, 2017
Parwati, N.N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. Belajar dan Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta. 2018.
Setyawan, F., & Suprianto, B. “Pengembangan Trainer dan Job-Sheet PLC Sebagai Media Pembelajran pada Mata Diklat PLC di Jurusan Elektronika Industri SMK Negeri 2 Lamongan”. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol.3, no.3, 509-515,2014.
Alam, A. W. S., & Suprianto, B,. “Pengembangan Trainer Parkir Mobil Sistem Informatif Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Diklat PLC Kelas XI Teknik Otomasi Industri SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung”. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, vol 4, no.3, 937-942,2015.
Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta. Bandung. 2012.
Sulasih, B., Syamwil, R., & Wilonoy, S. “Pengembangan Model Pembelajaran Outdoor Study Berbasis Keunggulan Lokal pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan”. Journal of Vocational and Career Education, 79-85.2017.
Sukmadinata, N.S. Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya. Bandung. 2012.
Buchori, A., & Setyawati, R. D. “Development Learning Model of Character Education Through”. International Journal of Education and Research, 369-386.2015
Arikunto, S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta. Jakarta. 2006.
Hake, R. R. “Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A six-thousand-Student Survey of mechanics Test Data for Introductory physics Courses”. Journal American Association of Physics Teacher, Vol 66, no,1, 64-74, 1998.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.2015.
Mardapi, D. Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Parama Publishing. 2017.
Yanutriswanto, F., & Suprianto, B. “Pengembangan trainer berbasis mikrokontroller berbentuk aplikasi tempat parker otomatis sebagai alat bantu praktikum pada mata kuliah bengkel elektronika di Universitas Negri Surabaya”. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 4 No.1, 25-29. 2015
Article Metrics
Abstract Views : 1058 timesPDF Downloaded : 365 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.