Abstract


Tujuan  penelitian  ini  adalah untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan media pembelajaran Trainer PLC OMRON dan software CX-Programmer pada mata pelajaran SistemPengendali Elektronik kelas XII Jurusan Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 4 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dalam bidang pendidikan, bertujuan mengetahui unjuk kerja, tingkat kelayakan Trainer PLC OMRON dan software CX-Programmer sebagai media pembelajaran. Hasil dari penelitian ini berupa media pembelajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran dan praktikum materi PLC. Hasil dari Tingkat kelayakan media trainer mendapatkan skor 54,6 dengan nilai SBX = 42 maka rentan skor kategori yang didapat adalah “Sangat Layak”, dan tingkat kelayakan materi mendapatkan skor 70,3 dengan nilai SBx = 54 maka rentan skor yang didapat adalah “Sangat Layak”. Tingkat efektivitas media trainer mendapatkan hasil yang sangat signifikan. Hasil penilaian rata-rata siswa pada saat sebelum melakukan pembelajaran dengan trainer dan jobsheet mendapatkan hasil 42,78 dan hasil setelah menggunakan trainer dan jobsheet 80,08, dan diperoleh skor 0,65 pada uji n-gain sebagai tingkat efektivitas trainer di SMKN 4 Kota Serang.


Keywords


Media Pembelajaran, trainer PLC Omron, Sukmadinata