Pelontar Bola Tenis Lapangan Otomatis Berbasis Mikrokontroler Arduino Mega2560

Sukardi Sukardi(1), Ilham Muzhar(2), Ali Basrah Pulungan(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v7i1.112322

Full Text:    Language : id

Abstract


Dunia pada umumnya terkhusus Indonesia saat ini sedang memasuki era revolusi industry 4.0 yaitu revolusi industry yang mengedepankan collaborative manufacturing yang tidak lepas dengan teknologi otomatis atau otomatisasi sistem. Pada bidang olahraga tenis lapangan, teknologi otomatisasi ini belum banyak diterapkan. Penerapan teknologi otomatisasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi atlet dan pelatih tenis lapangan dalam berlatih. Pada tugas akhir ini perancangan sebuah mesin pelontar bola tenis lapangan dengan kendali sistem otomatis bertujuan untuk memberikan efisiensi dan kemudahan bagi atlet dalam berlatih. Pembuatan mesin ini terdiri dari  beberapa perangkat keras (hardware) seperti Arduino Mega2560, Arduino Nano, Motor DC, Driver BTS7960, Display LCD 16x2, I2C, Modul Bluetooth HC-05, Sensor IR, Sensor Ultrasonic, dan Joystick Modul. Adapun perangkat lunak (software) yang digunakan yaitu Arduino IDE dan MIT App Inventor. Hasil dari pengerjaan mesin pelontar bola tenis lapangan ini adalah mesin dapat dioperasikan dengan berbagai macam jenis permainan sesuai tingkat kemahiran atlet dan mesin ini dapat dikendalikan secara wireless menggunakan koneksi bluetooth pada Smartphone Android.

Keywords


Otomatisasi, Tenis Lapangan, Bluetooth HC-05, MIT App Inventor, Arduino Mega2560

References


Supriatna, I. Hariadi, and Taufik, “latihan Kelincahan Khusus Cabang Olahraga tenis Lapanagan,” Latih. Kelincahan Khusus Cab. olahraga tenis Lapangan, vol. 6, no. 2, pp. 141–151, 205AD.

A. N. Kurniawan, “Pengembangan Model Latihan Ball Feeling Melalui Video Untuk Meningkatkan Teknik,” pp. 6–15, 2005.

H. Pardede, “Simulasi Mencari Waktu Pada Gerak Parabola / Peluru,” no. July, 2015.

F. I. Putra and A. B. Pulungan, “Alat Pengering Biji Pinang Berbasis Arduino,” vol. 6, no. 1, pp. 89–97, 2020.

D. Michael and D. Gustina, “Rancang Bangun Prototype Monitoring Kapasitas Air Pada Kolam Ikan Secara Otomatis Dengan Menggunakan Mikrokontroller Arduino,” IKRA-ITH Inform., vol. 3, no. 2, pp. 59–66, 2019, [Online]. Available: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/319.

E. E. Suryani, Ishafit, and Program, “Penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share ( TPS ) berbantuan Aplikasi APP Inventor pada materi kalor SMA Kelas X untuk meningkatkan hasil belajar,” Semin. Nas. Quantum, vol. 25, pp. 425–430, 2018.

A. Akbar, G. Abdel, N. Masikki, A. N. Aliansyah, and N. Z. D. L. Mulyawati, “Perancangan Sistem Monitoring Navigasi Kursi Roda Berbasis Mikrokontroler,” vol. 7, no. 1, pp. 45–52, 2021.


Article Metrics

 Abstract Views : 1158 times
 PDF Downloaded : 310 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.