Validitas Modul Teori Teknik Fabrikasi Model Kooperatif Tipe Jigsaw

Bulkia Rahim(1), Jasman Jasman(2), Irzal Irzal(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v7i1.111977

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Teori Teknik Fabrikasi Model Kooperatif Tipe Jigsaw yang valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Aspek yang akan dilihat adalah untuk mengetahui validitas Modul Teori Teknik Fabrikasi Model Kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan modul pembelajaran ini menggunakan model IDI (Instruksional Development Institute). Model IDI menetapkan prinsip-prinsip  pendekatan  sistem yang meliputi tiga tahap yaitu pendefinisian (define), pengembangan (develop) dan  evaluasi  (evaluate). Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari validator dosen melalui angket pengujian validitas Modul Teori Teknik Fabrikasi Model Kooperatif Tipe Jigsaw yang dikembangkan. Instrumen pengumpul data berbentuk angket. Teknik analisis data deskriptif untuk mendeskripsikan kevalid Modul Teori Teknik Fabrikasi Model Kooperatif Tipe Jigsaw. Validitas modul teori Teknik Fabrikasi dilihat dari Validitas Format Modul, Validitas Materi Modul dan Validitas Penyajian Modul. Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah modul pembelajaran teori Teknik Fabrikasi model kooperatif tipe jigsaw dengan Validitas Format Modul dengan nilai 0,93, Validitas Materi Modul dengan nilai  0,94 dan Validitas Penyajian Modul dengan nilai 0,89. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa modul teori Teknik Fabrikasi model kooperatif tipe jigsaw ini valid  untuk dimanfaatkan sebagai modul pembelajaran pada mata kuliah Teknik Pemesinan dan Fabrikasi.



Keywords


Validitas, Format, Materi, Penyajian, Teori Teknik Fabrikasi

References


Palupi, R. Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru dalam Mengelola Kegiatan Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di SMPN N 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.2, No.2, hal 157-170, 2014.

R. Saputra and Y. -, “Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikan FIK UNP Dalam Proses Pembelajaran Penjas”, Patriot, pp. 270-277, Sep. 2018.

S. Suparno and B. Rahim, “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Modul Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Teknik Pemesinan Dan Fabrikasi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang”, PAKAR, vol. 15, no. 2, pp. 84-92, Jul. 2017.

A. Mulyana, S. Hidayat, and S. Sholih, “Hubungan Antara Persepsi, Minat, dan Sikap Siswa dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn”, JPNK, vol. 19, no. 3, pp. 315-330, Sep. 2013.

L.J., S., J.B., T., & B.J., G. Growing up With a Cochlear implant: Education, Vocation, and Affiliation. Journal of Deaf Studies and Deaf Education. 17(4): 483–498. 2012.

Raharjo, S. B.. Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.456. Vol. 16 No. 3. 2010.

Hanafi, I., & Atif, N. F. Pendidikan teknik dan vokasional : menggali pengalaman sukses institusi Bi-National di negri jiran, dari konsep hingga implementasi. Refika Aditama. 2014.

Hidayat, A., Wiharna, O., & Sukrawan, Y. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Perawatan Kopling. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(2), 145–153. https://doi.org/10.17509/jmee.v3i2.4543. 2016.

Rahim, B., Suparno, S., & Adri, J. Validitas Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Kuliah Teori Teknik Fabrikasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(2), 31–38. https://doi.org/10.24036/jptk.v1i2.1123. 2018.

Asikin, M., Junaedi, I., & Cahyono, A. Pengembangan Model Pelatihan Innomatts untuk Meningkatkan Kompetensi Dan Karakter Guru Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes. https://doi.org/10.15294/jpp.v32i2.5713. 2015.

Rachmawati, T., & Daryanto. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. In Gava Media. 2015.

Batoq, I., Susila, I., & Rijanto, T. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Sistem Pendinginan Bahan Bakar dan Pelumas di Smkn 3 Sendawar. Jurnal Pendidikan Vokasi UNESA, 3(2). 2015.

Sudarshono, A. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata pelajaran Roda dan Ban untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas x ott SMK Dwija Bhakti 2 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, 07(01), 24–27. 2016.

Muhanif, & Yunus. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Kelas X Tpm Smk Negeri 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 6 (02), 251555. 2017.

Alfazr, A. S., Gusrayani, D., & Sunarya, D. T. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Tiap Paragraf. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 111–120. 2016.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta. 2012.

Tortora, Gerard J., and Sandra R Grabowski. Nervous Tissue. In : Principles of Anatomy and Physiology. 10th edition. USA : John Wiley & Sons, Inc. p. 407, 408. 2003.

Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2014.


Article Metrics

 Abstract Views : 392 times
 PDF Downloaded : 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.