Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Teori Teknik Fabrikasi Model Kooperatif Tipe Jigsaw yang valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Aspek yang akan dilihat adalah untuk mengetahui validitas Modul Teori Teknik Fabrikasi Model Kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan modul pembelajaran ini menggunakan model IDI (Instruksional Development Institute). Model IDI menetapkan prinsip-prinsip pendekatan sistem yang meliputi tiga tahap yaitu pendefinisian (define), pengembangan (develop) dan evaluasi (evaluate). Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari validator dosen melalui angket pengujian validitas Modul Teori Teknik Fabrikasi Model Kooperatif Tipe Jigsaw yang dikembangkan. Instrumen pengumpul data berbentuk angket. Teknik analisis data deskriptif untuk mendeskripsikan kevalid Modul Teori Teknik Fabrikasi Model Kooperatif Tipe Jigsaw. Validitas modul teori Teknik Fabrikasi dilihat dari Validitas Format Modul, Validitas Materi Modul dan Validitas Penyajian Modul. Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah modul pembelajaran teori Teknik Fabrikasi model kooperatif tipe jigsaw dengan Validitas Format Modul dengan nilai 0,93, Validitas Materi Modul dengan nilai 0,94 dan Validitas Penyajian Modul dengan nilai 0,89. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa modul teori Teknik Fabrikasi model kooperatif tipe jigsaw ini valid untuk dimanfaatkan sebagai modul pembelajaran pada mata kuliah Teknik Pemesinan dan Fabrikasi.