Pengembangan Modul Pembelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Berbasis Problem Based Learning di SMK

M. Ihsan Marwahi(1), Fivia Eliza(2),
(1) Universitas Neger Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.109315

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul pembelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE) yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan Model 4D. Subjek penelitian ini siswa kelas X TITL3 SMK Negeri 5 Padang yang terdaftar pada semester 2 tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh validitas modul adalah 90% dengan katagori valid. Uji praktikalitas dengan responden guru nilai rata-rata 86,33% dan siswa nilai rata-rata 86% menyatakan modul pembelajaran PDE adalah sangat praktis. Disimpulkan bahwa modul pembelajaran PDE adalah valid dan praktis digunakan dalam proses belajar mengajar untuk Pekerjaan Dasar Elektromekanik.

Keywords


Learning modules for Electromechanical Basic Work, valid, practical.

References


D. Indriana, Mengenal Ragam Gaya Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: Diva Press, 2011.

F. Eliza, S. Suriyadi, and D. T. P. Yanto, “Peningkatan Kompetensi Psikomotor Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) di SMKN 5 Padang : PDS Project,” INVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 19, no. 2, 2019.

D. T. P. Yanto, “Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik,” INVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 19, no. 1, pp. 75–82, 2019.

D. Daryanto, Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan ajar). Yogyakarta: Gaya Media, 2014.

I. Isjoni, Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik cetakan ke-1. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009.

O. Hamalik, Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

D. T. P. Yanto, S. Sukardi, and D. Puyada, “Effectiveness of Interactive Instructional Media on Electrical Circuits Course : The Effects on Students Cognitive Abilities,” Proc. 4rd Int. Conf. Tech. Vocat. Educ. Train., vol. 2017, pp. 75–80, 2017.

S. Sukardi, D. Puyada, R. E. Wulansari, and D. T. P. Yanto, “The validity of interactive instructional media on electrical circuits at vocational high school and technology,” 2nd INCOTEPD, vol. 2017, pp. 21–22, 2017.

P. Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press, 2011.

S. Suryosubroto, Sistem Pengajaran Dengan Modul. Yogyakarta: PT Bina Aksara, 1983.

Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2010.


Article Metrics

 Abstract Views : 562 times
 PDF Downloaded : 295 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.