Pengembangan Modul Dengan Pendekatan Saintifik Pada Mata Diklat Pekerjaan Dasar Elektromekanik Di Kelas X SMK Negeri 1 Bukittinggi

Riski Azizi(1), Elfizon Elfizon(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.109194

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada mata diklat pekerjaan dasar elektromekanik (PDE) yang valid dan pratis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan Model 4D. Subjek penelitian ini siswa kelas X TKL SMK Negeri 1 Bukittingi pada semester 2 tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh validitas modul pembelajaran dari 4 validator memperoleh rata-rata 90,31% dengan kategori sangat valid. Uji Praktikalitas dengan responden guru adalah 95,23% dan siswa 86,63% menyatakan  bahwa modul pembelajaran PDE adalah sangat pratis. Disimpulkan bahwa modul pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada mata diklat PDE adalah valid dan praktis dalam proses belajar mengajar untuk Pekerjaan Dasar Elektromekanik.


Keywords


Module development with a scientific approach to Electromechanical Basic Work (PDE), valid and practical.

References


D. Indriana, Mengenal Ragam Gaya Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: DIVA Press, 2011.

Depdikdud, Undang-undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003.

Departemen Pendidikan Nasional RI, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. 2005.

Y. Yerimadesi, B. Bayharti, F. Handayani, and W. F. Legi, “Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Kelas Xi Sma/Ma,” Sainstek J. Sains dan Teknol., vol. 8, no. 1, p. 85, 2017.

Daryanto, Pembelajaran Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013, vol. 53, no. 9. Yogyakarta: Gava Media, 2014.

O. Hamalik, Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

D.P. Nasional., Teknik Penyusunan Modul. Jakarta: Depdiknas, 2008.

Daryanto, Menyusun Modul. Yogyakarta: Gava Media, 2013.

Mustaji, Pembelajaran Mandiri. Surabaya: Unesa FIP, 2008.

Y. L. Sari and Elfizon, “Hubungan Penguasaan Teori Pemasangan Instalasi Penerangan Listrik Berbantuan Modul dengan Kompetensi Praktik Siswa di SMK Negeri 1 Pariaman,” J. Tek. Elektro dan Vokasional, vol. 6, no. 1, pp. 127–133, 2020.

Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2010.


Article Metrics

 Abstract Views : 233 times
 PDF Downloaded : 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.