Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK

Ruri Intannia(1), Usmeldi Usmeldi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.109156

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis masalah yang valid dan praktis bagi peserta didik. Penelitian ini mengunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4D namun tanpa melakukan tahap disseminate. Subjek penelitian ini adalah Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis masalah, sedangkan peserta didik kelas X TKL serta guru mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika sebagai responden. Data diambil mengunakan lembar atau angket untuk validasi dan praktikalitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata validitas dengan kategori valid. Respon guru terhadap kepraktisan Lembar Kegiatan Peserta Didik dengan kategori sangat praktis, sedangkan respon peserta didik dengan kategori praktis. Disimpulkan bahwa Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis masalah  dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam proses bealajar mengajar untuk Dasar Listrik dan Elektronika.   


Keywords


Student Worksheet, Problem Based Learning , Research and Development (R&D)

References


Andi Prastowo. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik.Jakarta: Kencana

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru.ed.2,-6. Jakarta: Rajawali Pers

Mariati Purnama Simajuntak. (2014). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa Pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Inpafi. 2 (3) 126-133

Yunin Nurun Nafiah. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi. 4 (1) 124-143

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Saifuddin Azwar. (2016). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Lailatul Aisyah., Suci Rohayati. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Akuntasi Perusahaan Dagang berbasis Problem Based Learning pada kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi. 6 (1) 41-47

Sry Astuti., Muhammad Danial., Muhammad Anwar. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada ateri keseimbangan kimia. Chemisty Education Review (CER). 1 (2) 90-114

Fitri Nurhayati., Joko Widodo., Etty Soesolowati. (2015). Pengembangan LKS berbasis Problem Based Learning Pokok Bahasan Tahap Pencatatan Akuntansi Perusahaan Jasa. Journal of Economic Education. 4 (1) 14-19

Yanto Pernama., Utari Sumarmo. (2007). Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Siswa SMA melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Educationist. 1 (2) 116-121


Article Metrics

 Abstract Views : 427 times
 PDF Downloaded : 140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.