Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.109156
Full Text: Language : en
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis masalah yang valid dan praktis bagi peserta didik. Penelitian ini mengunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4D namun tanpa melakukan tahap disseminate. Subjek penelitian ini adalah Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis masalah, sedangkan peserta didik kelas X TKL serta guru mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika sebagai responden. Data diambil mengunakan lembar atau angket untuk validasi dan praktikalitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata validitas dengan kategori valid. Respon guru terhadap kepraktisan Lembar Kegiatan Peserta Didik dengan kategori sangat praktis, sedangkan respon peserta didik dengan kategori praktis. Disimpulkan bahwa Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis masalah dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam proses bealajar mengajar untuk Dasar Listrik dan Elektronika.
Keywords
References
Andi Prastowo. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik.Jakarta: Kencana
Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru.ed.2,-6. Jakarta: Rajawali Pers
Mariati Purnama Simajuntak. (2014). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa Pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Inpafi. 2 (3) 126-133
Yunin Nurun Nafiah. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi. 4 (1) 124-143
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Saifuddin Azwar. (2016). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
Lailatul Aisyah., Suci Rohayati. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Akuntasi Perusahaan Dagang berbasis Problem Based Learning pada kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi. 6 (1) 41-47
Sry Astuti., Muhammad Danial., Muhammad Anwar. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada ateri keseimbangan kimia. Chemisty Education Review (CER). 1 (2) 90-114
Fitri Nurhayati., Joko Widodo., Etty Soesolowati. (2015). Pengembangan LKS berbasis Problem Based Learning Pokok Bahasan Tahap Pencatatan Akuntansi Perusahaan Jasa. Journal of Economic Education. 4 (1) 14-19
Yanto Pernama., Utari Sumarmo. (2007). Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Siswa SMA melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Educationist. 1 (2) 116-121
Article Metrics
Abstract Views : 427 timesPDF Downloaded : 140 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.