Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis masalah yang valid dan praktis bagi peserta didik. Penelitian ini mengunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4D namun tanpa melakukan tahap disseminate. Subjek penelitian ini adalah Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis masalah, sedangkan peserta didik kelas X TKL serta guru mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika sebagai responden. Data diambil mengunakan lembar atau angket untuk validasi dan praktikalitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata validitas dengan kategori valid. Respon guru terhadap kepraktisan Lembar Kegiatan Peserta Didik dengan kategori sangat praktis, sedangkan respon peserta didik dengan kategori praktis. Disimpulkan bahwa Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis masalah  dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam proses bealajar mengajar untuk Dasar Listrik dan Elektronika.   


Keywords


Student Worksheet, Problem Based Learning , Research and Development (R&D)