Pengaruh Media Sosial Whatsapp Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Di Kabupaten Bogor Wilayah Selatan
(1)   Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.109131
Full Text: Language : en; id
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media sosial whatssapp terhadap motivasi belajar mahasiswa di Kabupaten Bogor. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam srikel ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan Regresional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang berasal di Kabupaten bogor bagian selatan yang terdiri dari 4 kecamatan yaitu kecamatan Cigombong, Kecamatan Ciawi, Kecamatan Cijeruk, Kecamatan Cisarua dengan jumlah 180 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan menggunakan metode slovin, sehingga terdapat 122 sampel untuk penelitian. Instrument yang digunakan pada penelitian menggunakan angket tertutup dengan skala likert. Data dianalisis dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara penggunaan media social Whatsapp dengan motivasi belajar mahasiswa yaitu dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.696. Nilai ini berarti memiliki hubungan yang tinggi. Selanjutnya dilakukan analisis regresi untuk melihat pengaruh antara penggunaan media social whatsapp terhadap motivasi belajar mahasiswa dan di dapatkan koefisien regresi (x) sebesar 0,786. Nilai ini berarti bahwa setiap penambahan 1% nilai penggunaan media social Whatsapp maka nilai motivasi belajar mahasiswa bertambah 0,786.
Keywords
References
Megan Poore, Studying and Researching with Social Media, ( Los Angeles: Sage Study Skills, 2014)
Dan Zarella, The Social Media Marketing Book, (Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta Anggota IKAPI : 2010)
Hilwa Putri, 2019. “Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Di Smp Islam Al Wahab Jakarta”. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Trisnani, 2017. “Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan Dikalangan Tokoh Masyarakat”. JKMI, Volume 6 Nomor 3.
McDonald, Frederick. Educational Psychology (Becaming an Educator). Boston: Houghton Mifflin Company, 2001.
Bigge, Morris L. Learning Theories for Teachers. New York: Harper and Row, 2002.
McDonald, Frederick. Educational Psychology (Becaming an Educator). Boston: Houghton Mifflin Company, 2001.
Z. Mawardi Effendi, H. Effendi, and H. Effendi, “The role of locus control and learning styles in the development of the blended learning model at PSU,” Int. J. GEOMATE, vol. 13, no. 7, pp. 75–80, 2017.
Wirawan, Evaluasi. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.
Aviva Aurora, Hansi Effendi. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV, Vol. 5 (2): pp. 11-16.
Article Metrics
Abstract Views : 7103 timesPDF Downloaded : 2330 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.