Kajian Literatur Rekonstruksi Mata Kuliah (Studi Kasus Mata Kuliah Pengolahan Sinyal Teknik Elektro UNP)

Fadillah Jamil(1), Riki Mukhaiyar(2), Irma Husnaini(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.108742

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap-tahap dalammerekonstruksi mata kuliah yang sesuai dengan perubahan kurikulum pada Era Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Subjek penelitian ini adalah jurnal, artikel, dan buku. Data penelitian diambil dari data primer dilakukan dengan observasi, kemudian juga data sekunder dilakukan dengan dokumentasi seperti jurnal, buku, dan internet.Berdasarkan hasil penelitian,dengan kajian literatur rekonstruksi dapat dilakukan dengan beberapa tahap yaitu merumuskan kembali tujuan instruksional pembelajaran, menyusun kembali materi-materi ajar, menetukan kembali strategi instruksional, tahapan terakhir yaitu menyusun kembali strategi penilaian dan hasil belajar. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan, bahwa berdasarkan kajian literatur rekonstruksi mata kuliah dapat dilakukan melalui beberapa tahap, rekonstruksi mata kuliah digunakan untuk mengorganisasikan kembali mata kuliah berdasarkan perubahan kurikulum pada Era Revolusi Industri 4.0.


Keywords


Literature Review, Course reconstruction, Signal Processing

References


Mukhaiyar, Mukhaiyar, R., 2016, Studi Kajian Pengreorganisasian Kurikulum Prodi-Prodi di Jurusan Teknik Elektro UNP Sebagai Acuan Kebijakan bagi Universitas LPTK Lainnya., KONASPI VIII, 97-102.

Laksito, Y.S., 2013, Rekonstruksi Mata Kuliah,

https://wawanlaksito.wordpress.com/2013/10/18/rekontruksi-matakuliah/.

Mestika, Z., 2008, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Pustakan Obor Indonesia.

Mager, R.F., 1962, Preparing Instructional Objectives, Belmont, Cal: Fearon.

Suparman, M.A., Desain Instruksional Modern, Jakarta: Erlangga.

Ahmad, W., 2008, Rekonstruksi Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam.

Mukhaiyar, R., Irfan, D., Frismelly, A., Utari, N., 2019, Enrichment in the Electrical Engineering Vocational and Education (EEVE) Study Program by Augmenting the Image Processing Study Course, Journal of Physics: Conference Series 1378 (1), 012013.

Mukhaiyar, R., Muskhir, M., Dolly, VP., 2019. Curriculum Evaluation based on AUN-QA Criterion for the Case Study of the Electrical Engineering Vocational and Educational (EEVE) Study Program. Journal of Physics: Conference Series 1378 (1), 012039.

Mukhaiyar, R., Myori, DE., Utari, N.,2019, Reorganizing the Curriculum of the Study Programs of the Electrical Engineering Fields in Universitas Negeri Padang as Its Eminet Policy, Journal of Physics: Conference Series 1378 (1), 012043.

Mukhaiyar., Utari, S., Mukhaiyar, R., 2016,English as a Second Language for an International Nursery Student in United Kingdom. The 4th UPI International Conference on Technical and Vocational Education, 107-114.

Utari, N., Mukhaiyar, R., 2020,Konsep Penginjeksian Mata Kuliah Baru Pada Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, vol. 20, no. 1, pp. 93-102.

Efronia, Y., Mukhaiyar, R., 2020,Kompetensi Dasar dari Kurikulum Prodi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Padang, JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional),vol. 6, no. 1, pp. 179-186.

Rezki, C.Y., Mukhaiyar, R.,2020, Studi Hubungan Perilaku Guru SMK Teknik Listrik Dalam Pembelajaran Dengan Motovasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMKN 5 Padang), JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), vol. 6, no. 1, pp. 153-157.

Aldila, S., Mukhaiyar, R., 2020, Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X SMK Negeri 1 Bukittinggi, Ranah Research: Journal of Multidisiplinary Research and Development, vol. 2, no. 2, pp. 51-57.

Arif, A., Mukhaiyar, R., 2020, Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah 1 Padang, JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), vol. 6, no. 1, pp. 114-119.

Myori, D.E., Mukhaiyar, R., Fitri, E., 2019, Sistem Tracking Cahaya Matahari pada Photovoltaic, INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, vol. 19, iss. 1, pp. 9-16.

Aulia, H., Mukhaiyar, R., 2017, A New Design of Handless Stirred Device, Proceeding 4th International Conference on Technical and Vocational Education and Training (TVET), pp. 579-582.

Sari, J.D.R., Mukhaiyar, R., 2020, Studi Kebutuhan Kompetensi Tambahan dan Penunjang pada Kurikulum PSPTE Universitas Negeri Padang, VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informasi, vol. 8, no. 1, pp. 132-138.

Utari, N., Mukhaiyar, R., 2020, Alternative Concepts to Identify the Characteristics of Vocational Technology Education Curriculum, Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, vol. 3, no. 1, pp. 60-63.

Dolly, V.P., Mukhaiyar, R., 2020,Concept of Curriculum Evaluation in Education Program of Electrical Engineering using AUN-QA as Benchmarking, Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, vol. 3, no. 1, pp. 1-5.

Aswardi, A., Mukhaiyar, R., Elfizon, E., Nellitawati, N., 2019, Pengembangan Trainer Programable Logic Controller Sebagai Media Pembelajaran di SMK Negeri Kota Payakumbuh, JTEV (Jurnal Teknik Elektro and Vokasional), vol. 5, no. 1, pp. 51-56.

Sikumbang, A.R., Mukhaiyar, R., 2020, Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 5 Padang, JTEV (Jurnal Teknik dan Vokasional), vol. 6, no. 1, pp. 271-279.


Article Metrics

 Abstract Views : 3345 times
 PDF Downloaded : 1649 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.