Korelasi Input Siswa Tahun Pertama Jurusan Teknik Listrik SMK Dengan Capaian KKM Tahun Pertama

Yunisha Sahuri(1), Habibullah Habibullah(2), Citra Dewi(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.107914

Full Text:    Language : in

Abstract


Input siswa menentukan kelansungan siswa di tingkat selanjutnya yaitu SMA/SMK , dan di Sekolah menengah kejuruan tidak hanya mempelajari pelajaran khusus jurusan tertentu saja tapi juga mempelajari pelajaran umum yang menujang pelajaran siswa pada pelajaran kejuruan seperti pelajaran Matematika dan IPA terkhusus jurusan teknik instalasi tenaga listrik sangat penting untuk mempelajari pelajaran tersebut dan pemahaman pealajaran Matematika dan IPA tersebut bisa dilihat dari nilai UN SMP/MTs siswa sebagai input siswa dan  untuk kelasungan pemahaman siswa di tingkat SMK dilihat dari capaian KKM siswa tahun pertama SMK. Maka di kaji hubungan input siswa yaitu nilai UN SMP/MTs pada mata pelajaran Matematika dan IPA dengan capaian KKM tahun pertama siswa SMK pada mata pelajaran DLE dan Fisika. Penelitian ini dilakukan di SMK N 1 Padang dan penelitian ini bertujuan mengkaji hubungan input siswa dengan capaian KKM tahun pertama siswa SMK. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriftif dengan pengumpulan data dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan input siswa dengan capaian KKM tahun pertama siswa SMK dari pengelompokan data nilai yang di ambil pada 1 kelas X jurusan TITL sebanyak 30 siswa dan di perkuat dengan hasil wawancara terhadap siswa SMK.

Keywords


Student Input, Correlation, KKM Achievements

References


Ahmad dan Uhbiyati, 2007, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Darmodjo, hendro & kaligis, Jenny R.E. 1992. Pendidikan IPA, Proyek pembinaan tenaga kependidikan direktorat jenderal pendidikan tinggi departemen pendidikan dan kebudayaan

Ayu,indah., dkk. 2017, Hubungan Persepsi Siswa Kelas X Mipa Di SMA Negeri Sekota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017 Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Kimia. Jurnal pendidikan dan ilmu kimia, Vol. 1, No. 2. Universitas Negeri Bengkulu.

Nordin, Aziz.dkk, 2011, Hubungan Sikap Terhadap Mata Pelajaran Sains Dengan Penguasaan Konsep Asas Sains Pelajar Tingkatan Dua. Journal of Science & Mathematics Educational, Vol. 2, Universitas Teknologi Malaysia.

Mukhaiyar., Utari, S., Mukhaiyar, R., 2016, English as a Second Language for an International Nursery Student in United Kingdom. The 4th UPI International Conference on Technical and Vocational Education, 107-114.

R. Rahma Rambe, Ade, 2010. Korelasi Antara Dukungan Sosial Orang Tua dan Self‐Directed Learning pada Siswa SMA, Jurnal Psikologi, Vol. 37, No. 2, Universitas Sumatera Utara.

Rezki, CY, Mukhaiyar, R., 2020, Studi Hubungan Perilaku Guru SMK Teknik Listrik Dalam Pembelajaran Dengan Motovasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMKN 5 Padang), JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 6(1), 153-157.

Mukhaiyar, Mukhaiyar, R., 2016, Studi Kajian Pengreorganisasian Kurikulum Prodi-Prodi di Jurusan Teknik Elektro UNP Sebagai Acuan Kebijakan bagi Universitas LPTK Lainnya., KONASPI VIII, 97-102.

Mukhaiyar, R., Irfan, D., Frismelly, A., Utari, N., 2019, Enrichment in the Electrical Engineering Vocational and Education (EEVE) Study Program by Augmenting the Image Processing Study Course, Journal of Physics: Conference Series 1378 (1), 012013.

Mukhaiyar, R., Myori, DE., Utari, N., 2019, Reorganizing the Curriculum of the Study Programs of the Electrical Engineering Fields in Universitas Negeri Padang as Its Eminet Policy, Journal of Physics: Conference Series 1378 (1), 012043.

Mukhaiyar, R., Muskhir, M., Dolly, VP., 2019. Curriculum Evaluation based on AUN-QA Criterion for the Case Study of the Electrical Engineering Vocational and Educational (EEVE) Study Program. Journal of Physics: Conference Series 1378 (1), 012039.

Abdullah,Mulyana. 2017. Kontribusi Hasil Ujian Nasional terhadap Kelulusan Siswa SMP Laboratorium UPI Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan, Vol. 2, No. 2. Universitas pendidikan Indonesia.

Frismely,Arinda, 2019, Kajian Kelayakan Penginputan Keilmuan Image Processing Pada Kurikulum Pendidikan Vokasional Teknik Elektro Universitas Negeri Padang. Skripsi. Padang: Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.

Sudjana, nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya

Wartono, 2003, Srategi Belajar Mengajar Fisika, Malang: JICA

Aldila, S., Mukhaiyar, R., 2020, Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X SMK Negeri 1 Bukittinggi, Ranah Research: Journal of Multidisiplinary Research and Development, 2(2), 51-57.

Arif, A, Mukhaiyar, R., 2020, Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah 1 Padang, JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 6(1), 114-119.

Efronia, Y., Mukhaiyar, R., 2020, Kompetensi Dasar dari Kurikulum Prodi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Padang, JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 6(1), 179-186.

Moleong, Lexy J, 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono, 2010, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan pengembangan R&D, Bandung : Alfabeta.


Article Metrics

 Abstract Views : 352 times
 PDF Downloaded : 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.