Sistem Pengendali Kecepatan Motor DC Penguatan Terpisah Berbeban dengan Teknik Kontrol PWM Berbasis Arduino

Try Yudha Candra(1), Taali Taali(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2)   Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i1.107877

Full Text:    Language : en

Abstract


Motor DC merupakan salah satu jenis motor yang ada sampai saat sekarang ini. Keberadaan motor DC sendiri sangat membantu umat manusia terutama di bagian perindustrian. Pada motor DC dibutuhkan sistem untuk mengoperasikannya, mengatur kecepatan motor DC dengan sistem mengendalikan nilai PWM serta sistem antarmuka untuk mengontrol dan memonitoring pada saat pengorperasian. Perancangan  alat ini menggunakan komponen hardware dan software. Adapun komponen hardware diantaranya rangkaian, arduino Uno, catu daya, sensor tegangan, sensor arus, gate drive, motor DC, dan software Visual Basic. Tahapan pengujian yang dilakukan yaitu dengan mengukur output tiap komponen, jika sudah sesuai persyaratan maka rangkaian siap dioperasikan. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan  disimpulkan bahwa telah berhasil melakukan pengoperasian motor DC dengan pengontrolan lewat antarmuka (PC).


Keywords


Motor DC, arduino Uno, PWM, Gate Drive, PC (Personal Computer)

References


K Ogata, Modern Control Systems, University of Minnesota, Prentice Hall, 1987.

Ali, M. (2012). Kontrol Kecepatan Motor DC Menggunakan PID Kontroler Yang Ditunning Dengan Firefly Algorithm. Jurnal Intake: Jurnal Penelitian Ilmu Teknik dan Terapan, 3(2), 1-10.

Yulianta, A. D., & Hadi, S. P. (2015). Pengendalian Kecepatan Motor Brushless DC (BLDC) menggunakan Metode Logika Fuzzy. Jurnal Teknologi Technoscientia, 8(1), 1-9.

Nataliana, D., Wahyudi, H., & Rusdiansyah, P. (2013). Perancangan dan Implementasi Pengendalian Kecepatan Motor DC Penguatan Terpisah Menggunakan Pwm Berbasis Mikrokontroler Atmega 8535. Jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung.


Article Metrics

 Abstract Views : 1442 times
 PDF Downloaded : 662 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.