Sistem Otomasi Penyalaan Lampu dan AC (Air Conditioner) pada Ruang Dosen Berbasis Arduino UNO

Renol Fetra(1), Hambali Hambali(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i1.107800

Full Text:    Language : id

Abstract


Makalah ini bertujuan untuk membuat sistem otomatis penyalaan lampu dan AC yang di terapkan pada ruangan dosen. Desain perangkat ini terdiri dari beberapa komponen utama yaitu Arduino Atmega328 sebagai pusat pengolahan data. Adaptor bsebagai pengubah tegangan AC yang tinggi menjadi DC yang rendah. Step down sebagai alat penurun tegangan dari 12V DC menjadi 5V DC Sensor PIR untuk mendeteksi ada atau tidak adanya orang ataupun gerakan pada ruangan. DS1302 berguna untuk menentukan kapan akan di matikan AC sesuai dengan jam yang telah di tetapkan. LCD digunakan sebagai media tampilan untuk menampilkan informasi. Relay berfungsi sebagai saklar atau driver untuk lampu dan AC.


Keywords


Arduino UNO, Sensor PIR, RTC (Real time Clock), Relay, Lamp, AC (Air Conditioner)

References


Zainal Abidin, 2012, Penerobosan pada pemakaian listrik umumnya terjadi diperkantoran dan bangunan pabrik,dengan porsi pemakaian konsumsi listrik pada lampu sebesar 45%.

Angga Pradianto, 2018, Dengan kecilnya produksi listrik dindonesia yang berbanding terbalik dengan pemakain listrik yang sangat besar memiliki dampak pada kurangnya kebutuhan dari pemakaian listrik yang tidak dapat dipenuhi.

Puspadini T. Ratih, “Perancangan Sistem Kontrol Penerangan, Pendingin, Dan Telepon Otomatis Terjadwal Berbasis Mikrokontroller”.2012

Putra Siregar, 2013, “Sistem Penyalaan Ruang Kuliah Dengan Menggunakan ATmega 89S51” pada penelitian tersebut penyalaan lampu berdasarkan ada atau tidaknya orang


Article Metrics

 Abstract Views : 1365 times
 PDF Downloaded : 552 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.