Sistem Kendali Solar Tracker Satu Sumbu berbasis Arduino dengan sensor LDR

Alfis Mandala Putra(1), Aslimeri Aslimeri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i1.107775

Full Text:    Language : id

Abstract


Listrik merupakan kebutuhan yang tidak tergantikan dalam kehidupan manusia. semua kegiatan manusia, bergantung terhadap listrik, contohnya seperti kebutuhan di rumah tangga, di kantor, maupun di perindustrian. Biasanya energi listrik dibangkitkan dengan generator listrik. Sehingga kita harus membuat generator untuk membangkit listrik, sedangkan matahari juga dapat menghasilkan listrik dengan cahaya dan panasnya. Matahari adalah sumber energi utama bumi. Energi yang dihasilkan oleh matahari merupakan energi tak terbatas. Tugas akhir ini dibuat agar dapat merancang dan membuat sebuah Sistem Kendali Solar Tracker Berbasis Arduino Uno dan Melakukan pengujian hardware dan software pada Sistem Kendali Solar Tracker Berbasis Arduino Uno. Solar tracker yang dibuat ini adalah solar tracker satu sumbu, karena indonesia dan kota padang pada khususnya terletak atau mendekati garis khatulistiwa. Solar tracker ini berfungsi sebagai tracking cahaya matahari, sehingga solar cell bergerak mengikuti matahari dan penerimaan cahaya matahari pada panel surya lebih efisien dan maksimal.


Keywords


Sistem Kendali, Solar Tracker, Arduino.

References


Saputra, Wasana. 2008. Rancang Bangun Solar Tracking System Untuk Mengoptimalkan Penyerapan Energi Matahari Pada Solar Cell. Jakarta : Bumi Aksara.

Priatman, J. 2000. Perspektif Arsitektur Surya Di Indonesia. Dimensi Teknik Arsitektur. Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Supatmi, Sri. 2011. “Pengaruh Sensor LDR Terhadap Pengontrolan Lampu.” Jurnal Teknik Komputer. (Nomor 2 Vol.8 ). Hlm. 175.

Tipler, P.A. 2001. Fisika Untuk Sains dan Teknik. Jilid 2. Edisi Ketiga Cetakan Pertama. (diterjemahkan oleh Bambang Soegijono). Erlangga. Jakarta.

Priatman, J. 2000. Perspektif Arsitektur Surya Di Indonesia. Dimensi Teknik Arsitektur. Universitas Kristen Petra. Surabaya.


Article Metrics

 Abstract Views : 2037 times
 PDF Downloaded : 776 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.