Penyuluhan dan Pelatihan Instalasi Listrik Rumah Tangga bagi Masyarakat di Nagari Pauh Duo Nan Batigo Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan

Hambali Hambali(1), Erita Astrid(2), Hendri Hendri(3), Syaiful Islami(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i1.107664

Full Text:    Language : en

Abstract


Artikel ini didasari dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Nagari Pauh Duo Nan Batigo Kecamatan Pauh Duo, Kabupaten Solok Selatan. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan dan pelatihan pemasangan instalasi listrik rumah tangga. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan cara penyuluhan dan pelatihan mengenai: bahaya kejut listrik dan cara menghindarinya, serta instalasi dan penghematan listrik. Materi yang diberikan dalam pelatihan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini antara  lain: sambungan kabel, pemasangan kabel, instalasi box sekering, saklar tunggal dan saklar seri, serta merangkai lampu, dan instalasi saklar hotel dan stop kontak. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini memberikan hasil yaitu meningkatnya pengetahuan peserta akan manfaat listrik, meningkatnya pengetahuan peserta akan bahaya listrik, dan meningkatnya pengetahuan peserta akan instalasi listrik rumah tangga yang benar.

Keywords


Penyuluhan, Pelatihan, Instalasi Listrik, Pengabdian

References


A. Rifai, Buku Pintar Mengatasi Listrik di Rumah. Bandung: Gema Buku Nusantara, 2014.

Pusat Krisis Kesehatan, “Kebakaran di KOTA PADANG, SUMATERA BARAT, 06-12-2018,” 2018. [Online]. Available: http://pusatkrisis.kemkes.go.id/Kebakaran-di-KOTA PADANG-SUMATERA BARAT-06-12-2018-70.

Z. Indra and I. Kamil, “Analisis Sistem Instalasi Listrik Rumah Tinggal dan Gedunguntuk Mencegah Bahaya Kebakaran,” J. Ilm. Elit. Elektro, vol. 2, no. 1, pp. 40–44, 2011.

A. Joewono and T. A. J. T. Elektro, “Penyuluhan dan Pelatihan Kelistrikan Di Rumah Tangga,” Surabaya, 2014.

O. Candra, Elfizon, Hendri, Aslimeri, and Aswardi, “Peningkatan Keterampilan Bidang Pemasangan Instalasi Listrik Rumah Tangga Dan Bidang Service Peralatan Elektronik Bagi Pemuda Panti Budi Utama Di Lubuk Alung,” J. Tek. Elektro dan Vokasional, vol. V, no. 1, pp. 31–36, 2019.

B. Fatkhurrozi, I. Nawawi, and A. Trihasto, “Penyuluhan dan Pelatihan Instalasi Listrik Rumah Tangga bagi Masyarakat Desa Madusari Kec. Secang Kab. Magelang,” J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 13–20, 2017.


Article Metrics

 Abstract Views : 507 times
 PDF Downloaded : 136 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.