Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Daring Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik T.P 2019/2020 Di SMK Negeri 1 Pariaman

Dirat Mahadiraja(1), Syamsuarnis Syamsuarnis(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i1.107612

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik (IPL) yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan Model 4D. Subjek penelitian ini siswa kelas XI TITL 1 SMK Negeri 1 Pariaman yang terdaftar pada semester 1 tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh validitas media adalah 88% dengan kategori valid, validitas materi rata-rata 88% dengan kategori valid. Uji Praktikalitas dengan reponden guru nilai rata-rata 86,53% dan siswa nilai rata-rata 85,2% menyatakan modul pembelajaran IPL adalah sangat praktis. Uji keefektifitasan melalui hasil posttest dari 24 siswa yang telah tuntas di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah sebanyak 22 siswa dan 2 orang siswa dengan nilai di bawah KKM. Diperoleh ketuntasan siswa sebesar 92 % dengan kategori efektif. Disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPL adalah valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses belajar mengajar untuk Instalasi Penerangan Listrik.

Keywords


Learning modules for Electrical Lighting Installation (IPL), valid, practical, and effective.

References


Dina Indriana. Mengenal Ragam Gaya Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: DIVA Press, 2011.

Siti Fathonahtul and Laras Djoko. Pengembangan Modul Pembelajaran Praktik Instalasi Tenaga Listrik Bangunan Sederhana. Yogyakarta: E-jurnal UNY, 2017.

P. R. Indonesia. Peraturan Pemerintah nomor 19 tentang Standar Nasional Pendidikan, 2005.

Isjoni. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik cetakan ke-1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Oemar Hamalik. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

D.P. Nasional. Teknik Penyusunan Modul. Jakarta: Depdiknas, 2008.

Mustaji. Pembelajaran Mandiri. Surabaya : Unesa FIP, 2008.

Suryosubroto. Sistem Pengajaran Dengan Modul. Yogyakarta: PT Bina Aksara, 1983.

Riduwan. Skala Pengukuran Variable-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta, 2010.


Article Metrics

 Abstract Views : 4805 times
 PDF Downloaded : 2911 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.